top of page

8 Wisata Religi Jatim yang Paling Diminati

Apabila bicara tentang wisata religi Jatim, mungkin ada dua hal yang muncul di pikiran Anda, yaitu berbagai makam para Walisongo dan masjid-masjid unik. Berikut adalah rangkuman dari beberapa wisata religi yang ada di Jawa Timur dengan pengunjung paling banyak tiap tahunnya.


8 Tempat Wisata Religi Jatim


1. Makam Sunan Ampel Surabaya

Rekomendasi wisata religi jatim yang pertama adalah makam Sunan Ampel Surabaya. Makam Sunan Ampel berada di Jalan Ampel Blumbang nomor 2A, Ampel, Semampir, Kota Surabaya. Tempat ini juga merupakan salah satu tempat wisata religi yang paling  terkenal di Indonesia.


Sunan Ampel merupakan salah satu sosok Walisongo yang merupakan tokoh-tokoh paling berpengaruh dalam penyebaran agama Islam terutama di pulau Jawa. Selain berisikan makam Sunan Ampel, wisata ini juga merupakan makam dari sang istri, yaitu Nyai Condrowati. 


Selain melakukan ziarah, Anda bisa berkunjung ke kampung Arab untuk berbelanja pernak-pernik seperti gamis, peralatan ibadah, parfum Arab, dan mencoba berbagai masakan khas Jawa Timur dan Timur tengah.


2. Makam Sunan Giri Gresik

Walaupun memiliki sebutan kota industri, Gresik juga memiliki salah satu tempat wisata religi yang paling banyak dikunjungi oleh peziarah di Pulau Jawa yaitu makam Sunan Giri.


Sama seperti tempat wisata sebelumnya, tempat wisata ini merupakan makam dari Salah satu tokoh Walisongo yaitu Sunan Giri. Wisata religi ini berada di Jalan Sunan Giri, Padukuhan, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.


Makam Sunan Giri merupakan salah satu tempat ziarah yang cukup asri dan indah. Pasalnya, makan ini berada di area perbukitan yang mana memiliki suhu udara yang dingin. Anda harus melewati banyak anak tangga dan menyaksikan banyaknya ornamen putih di sekitar makam.



3. Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim Gresik

Wisata religi Jatim selanjutnya masih berada di kabupaten Gresik yaitu makam Syekh Maulana Malik Ibrahim. Makan ini berada di Jalan Malik Ibrahim nomor 52, Bedilan, Kecamatan Gresik, Gresik, Jawa timur.


Syekh Maulana Malik Ibrahim biasa dikenal dengan nama Sunan Gresik merupakan pemimpin dari para tokoh Walisongo yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Banyak yang mengatakan bahwa Sunan Gresik merupakan wali tertua dari Walisongo.


Makam Sunan Gresik identik dengan batu nisan Gujarat yang berasal dari batu marmer. Temuan ini juga menunjukkan bahwa dahulu banyak pedagang dari Gujarat yang mampir ke Jawa.


4. Makam Sunan Drajat Lamongan

Tempat selanjutnya berada di kabupaten Lamongan. Masih berkaitan dengan Walisongo, Sunan Drajat adalah putra dari Sunan Ampel yang makannya sudah disebutkan sebelumnya. Makam dari Sunan Drajat berada di kabupaten Lamongan, yaitu di daerah Paciran. 


Malam ini juga menjadi icon wisata religi Kota Lamongan yang melegenda karena Sunan Drajat sendiri merupakan bagian dari Walisongo atau 9 tokoh penyebar Islam di Jawa.


5. Makam Sunan Bonang Tuban

Makan selanjutnya adalah makam Sunan Bonang yang berlokasi di Tuban Jawa Timur. Tempat wisata ini tidak begitu jauh dari pusat Kota Tuban, tepatnya di Dusun Kauman, Desa Kutorejo, Kecamatan Tuban atau di belakang masjid agung Tuban. 


Sunan Bonang merupakan salah satu tokoh Walisongo yang memiliki nama asli Raden Makdum Ibrahim. Tokoh ini dikatakan sebagai penemu salah satu alat musik gamelan yang disebut dengan Bonang.


6. Makam KH Hasyim Asyari dan Gus Dur

Kompleks makam keluarga di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang merupakan salah satu wisata religi Jatim yang banyak didatangi oleh peziarah. Hari ini terjadi karena makam keluarga tersebut merupakan tempat peristirahatan dari banyak ulama.


Makan ini merupakan tempat peristirahatan dari Gus Dur, mantan presiden Indonesia. Ada pula makam pendiri NU yaitu Kyai Haji Hasyim Asy'ari. Dan tentunya ada pula makam Kyai Wahid Hasyim yang merupakan menteri agama pertama republik Indonesia.


7. Masjid Tiban

Masjid tiban atau masjid Turen merupakan salah satu masjid yang terkenal di Malang Jawa Timur. Masjid ini memiliki julukan masjid seribu pintu karena banyaknya ornamen jendela dan pintu di sana.


Masjid ini memiliki desain yang sangat unik karena campuran dari adanya budaya Turki, India, dan Rusia. Masjid dengan warna dasar biru dan putih ini memiliki 10 lantai dan sudah dibangun sejak tahun 1978.


8. Masjid Cheng Ho Surabaya

Masjid Cheng Ho merupakan tempat ibadah agama Islam yang memiliki bentuk cukup unik. Desain bangunan ini memang sangat mirip dengan klenteng karena masjid ini awalnya merupakan bentuk penghormatan bagi Laksamana Cheng Ho.


Laksamana Cheng Ho merupakan salah satu tokoh keturunan Tionghoa yang juga menyebarkan agama Islam. Oleh karena itu, masjid ini memiliki desain unik dengan warna dominan merah hijau dan kuning. 


Salah satu hal yang paling menonjol adalah kubah masjid yang bentuknya sangat persis dengan Pagoda. Walaupun begitu, masjid ini masih digunakan untuk beribadah oleh orang Islam sampai saat ini.


Selain terkenal dengan banyaknya tempat wisata religi, Jatim juga memiliki banyak wisata olahraga ekstrim seperti paralayang. Contohnya adalah paralayang Gunung Banyak di Malang. Di sana, Anda bisa melakukan paralayang dengan pemandangan Kota Batu Malang yang indah.


Sebelum melakukan olahraga tersebut, tentunya Anda harus memiliki peralatan paralayang yang berkualitas dan mumpuni yang bisa dibeli di funfly.id. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan berbagai penawaran peralatan olahraga udara lain yang menarik dan dijamin trusted

7 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page