top of page

Wisata Paralayang Gunung Banyak, Paling Terkenal di Batu Malang

Kota Batu Malang adalah salah satu kota wisata paling terkenal di Jawa Timur. Karena daerahnya yang berada di dataran tinggi, kota ini berhawa dingin dan cocok sebagai tujuan wisata. Salah satu tempat wisata yang sesuai dengan topografi kota Batu adalah wisata paralayang Gunung Banyak.


Tempat Wisata Paralayang Gunung Banyak


Gunung banyak adalah salah satu bukit yang berada di Songgokerto, Batu, Jawa Timur. Gunung ini memiliki tinggi sekitar 1300 meter di atas permukaan laut. Karena tingginya ini, Gunung Banyak sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat paralayang.


1. Lokasi dan Jam Operasional

Wisata Paralayang Gunung Banyak berlokasi di Jalan Gunung Banyak, Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Anda bisa berkendara menuju tempat wisata ini selama 1 - 1,5 jam dengan kendaraan bermotor dari pusat Kota Malang.


Jika memulai perjalanan dari alun-alun kota Batu, Anda hanya perlu berkendara selama 30 menit saja. Tidak begitu jauh bukan?


Uniknya disini, tempat wisata paralayang batu buka 24 jam setiap harinya mulai dari hari Senin sampai hari Minggu. Tidak seperti tempat paralayang lain yang hanya buka dari pagi sampai sore. Namun, tempat wisata ini tutup pada hari Jum’at pukul 1 siang sampai 5 sore.


Wisata Paralayang Gunung Banyak

2. Biaya Penerbangan Paralayang

Biaya penerbangan paralayang di wisata paralayang Gunung Banyak termasuk bervariasi karena bisa disesuaikan dengan paket yang Anda pilih. Namun, biaya ini termasuk biaya normal yang juga dibayarkan di beberapa lokasi lain yang serupa.


Paket yang pertama adalah paket paralayang. Anda harus membayar biaya sebesar Rp500.000 dengan fasilitas satu kali terbang paralayang, monopod untuk merekam dokumentasi, dan transportasi bolak-balik ke venue terbang.


Paket yang kedua adalah paket sunrise. Untuk paket ini, Anda harus membayar biaya Rp650.000. Anda akan mendapatkan fasilitas penjemputan ke penginapan, terbang paralayang di pagi hari untuk melihat sunrise, monopod dokumentasi, coffee break dan beberapa snack.


Paket yang terakhir adalah paket yang termahal yaitu paket VIP seharga satu juta rupiah. Apabila Anda memilih paket ini, banyak sekali fasilitas yang akan didapatkan. Mulai dari penginapan, terbang paralayang, monopod dokumentasi yang mana Anda bisa bebas memilih jam terbang.


Selain hal-hal yang berkaitan dengan paralayang, Anda juga akan mendapatkan coffee break dan snack, beberapa merchandise, tiket parkir dan loket gratis. Dan yang terpenting adalah asuransi selama penerbangan.


3. Fasilitas Lengkap

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak fasilitas yang bisa Anda dapatkan saat ingin melakukan paralayang di wisata paralayang Gunung Banyak. Semuanya tergantung paket paralayang yang Anda pilih.


Peralatan yang digunakan untuk paralayang pastinya yang berkualitas dan terjamin keamanannya. Peralatan serupa bisa Anda beli di funfly.id. Funfly.id ini menyediakan berbagai jenis peralatan paralayang atau olahraga udara lain yang original dari berbagai merek terkenal.


Wisata ini menyediakan tempat paralayang dengan pemandangan yang indah. Di malam hari, Anda bisa melihat city light kota Batu dengan sangat leluasa dari ketinggian ditemani dengan suguhan camilan dan angin semilir yang menunjukkan.


Karena pemandangannya yang indah, wisata ini juga menawarkan banyak spot foto yang instagramable. Sangat cocok bagi Anda yang selalu haus akan postingan jalan-jalan di semua sosial media.


Wisata ini memiliki area parkir yang cukup luas. Terdapat area oleh-oleh khas kota Batu yang wajib dikunjungi. Terdapat pula toilet dan area beribadah. Juga, terdapat beberapa tempat makan yang bisa menjadi tempat istirahat bagi Anda dan keluarga.


Apabila Anda berniat untuk menginap di area sekitar Gunung Banyak, ada beberapa hotel yang bisa dituju, seperti Asidah Hotel, Hotel Arumdalu, Songgoriti Hotel, dan The Batu Hotel & Villas.


4. Petugas Berpengalaman

Tempat wisata paralayang Gunung Banyak adalah pusat latihan dan event dari seluruh paralayang yang berada di kota Malang. Tempat ini sudah diresmikan sejak tahun 2000 dan mencetak banyak atlet paralayang nasional.


Banyak atlet nasional dan internasional yang merasakan sensasi terbang dari Gunung Banyak melalui ajang paralayang yang sering kali diadakan di sana. Tentunya hal ini menarik banyak wisatawan untuk berkunjung dan merasakan sensasi terbang paralayang.


Dari beberapa penjelasan ini, kita bisa menyimpulkan bahwa pengelolaan tempat wisata Gunung Banyak bisa dikatakan sangat baik. Tentunya, hal ini bisa menjamin bahwa para petugas yang bekerja di tempat wisata ini sangat profesional dan berpengalaman.


Jadi, Anda tidak perlu takut untuk melakukan paralayang di tempat ini karena terjamin keamanannya.


5. Banyak tempat Wisata Lain

Selain wisata paralayang, ada beberapa tempat wisata lain yang juga berlokasi di Gunung Banyak. Yang pertama adalah wisata Omah Kayu. Omah Kayu adalah tempat wisata yang menawarkan spot foto Instagramable dari rumah-rumah kayu yang dibangun di atas pohon pinus.


Yang kedua adalah Taman langit. Sama seperti Omah Kayu, Taman langit juga menawarkan berbagai spot foto yang menarik. Mulai dari spot foto bertemakan negeri dongeng, replika angsa putih raksasa, sarang burung raksasa, dan masih banyak lagi.


Yang terakhir adalah Romantic Camp Bistro. Tempat wisata ini menawarkan tempat camping ground dengan pemandangan kota Batu dari ketinggian. Dinamai Romantic Camp Bistro, karena tempat ini cocok untuk camping romantis bersama pasangan.


Sebagai tujuan utama tempat olahraga paralayang di Kota Batu, wisata paralayang Gunung Banyak menawarkan banyak opsi pilihan bagi Anda yang bernyali besar atau memacu adrenalin.


Comments


bottom of page