top of page

Rekomendasi Wisata Maritim di Jatim, Dijamin Indah dan Mengasyikkan

Apabila berbicara tentang wisata maritim di Jatim, apa yang ada di pikiran anda? Pantai pasir putih yang indah? Tempat rekreasi keluarga? Atau pemandangan bawah laut yang menawan? Atau ketiganya?


Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak tempat wisata maritim yang bisa Anda tuju. Sebelum melangkah menuju ke rekomendasi wisata, apakah Anda tahu definisi dari wisata maritim?


Apa Itu Wisata Maritim?


Wisata maritim merupakan salah satu jenis tempat wisata yang populer di Indonesia. Kata maritim biasa disebut juga dengan bahari memiliki arti laut. Jadi, wisata maritim merupakan segala macam wisata yang seluruhnya berada di area laut seperti pantai, pulau, maupun bawah laut.


Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan oleh wisatawan di wisata maritim seperti memancing berenang, menyelam, berselancar, atau kegiatan rekreasi lainnya. Kegiatan semacam ini sangat populer di Indonesia karena didukung dengan laut yang luas dan banyaknya flora fauna yang unik dan indah.


Dalam beberapa sumber, disebutkan bahwa Indonesia memiliki garis pantai hampir 100.000 km, memiliki ribuan jenis karang, ribuan jenis makhluk laut, hingga ratusan titik kapal tenggelam yang seringkali dijadikan tempat wisata untuk wisatawan lokal maupun internasional.


5 Rekomendasi Wisata Maritim di Jatim


Berikut adalah beberapa rekomendasi wisata maritim atau wisata bahari yang ada di provinsi Jawa Timur.


Wisata Bahari Lamongan

Rekomendasi tempat wisata maritim di Jatim yang pertama adalah wisata bahari Lamongan atau yang biasa disebut dengan WBL. Salah satu tempat wisata rekreasi paling terkenal di Jawa Timur ini memadukan pemandangan yang indah dan permainan yang mengasyikkan.


Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp100.000 per orang agar bisa mencoba berbagai permainan. Tempat wisata yang sudah dibuka dari tahun 2004 ini memiliki banyak permainan seperti istana bajak laut, rumah kaca, rollercoaster, paus dangdut, dan lain-lain.


Tempat wisata ini sangat cocok untuk menjadi tujuan wisata rekreasi bersama keluarga dan seringkali menjadi tujuan study tour rekreasi bagi anak-anak sekolah dasar.


Surabaya North Quay

Surabaya North Quay merupakan salah satu tempat wisata bahari yang berada di Jawa Timur. Tempat wisata ini berada di area Tanjung Perak, Surabaya. Tempat wisata ini bisa dikatakan sebagai pantai yang cukup modern.


Buka setiap hari Selasa hingga Minggu dari pukul 11.00 sampai dengan pukul 20.00 malam, Surabaya North Quay menjadi tempat yang cocok untuk menikmati sunset sambil berwisata kuliner dan mendengarkan live music di pinggir pantai.


Rumah Apung Trenggalek

Rumah apung Trenggalek merupakan salah satu wisata maritim unik yang harus Anda kunjungi. Wisata ini merupakan sebuah bangunan terapung di area pantai yang tepatnya berlokasi di Pantai Bangkoan, Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Trenggalek.


Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang cukup unik di tempat wisata ini. Anda bisa melakukan snorkeling dan melihat berbagai flora fauna yang ada di laut, menjelajahi pantai dengan perahu kano, dan menikmati sajian di atas rumah apung.



Gili Labak Madura

Apabila berbicara tentang wisata maritim di Jatim, Anda tentunya memikirkan tentang pantai dengan hamparan pasir putih yang cocok untuk bermain air. Salah satu pantai yang cocok untuk gambaran tersebut adalah Gili Labak.


Gili Labak sebenarnya merupakan nama dari sebuah pulau kecil yang berada di Pulau Madura. Kelapa merupakan area rekreasi yang sangat indah yang mana Anda bisa menikmati pantai berpasir putih, laut dengan ombak landai kebiruan, dan area snorkeling yang sangat indah.


Tidak heran apabila Gili labak menjadi salah satu tempat wisata hidden gem yang banyak dituju oleh pelancong lokal karena keindahan pantainya yang eksotis dan menawan.


Pantai Klayar Pacitan

Rekomendasi tempat wisata maritim yang terakhir masih merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal yaitu Pantai Klayar. Agak berbeda dengan Gili Labak, pantai klayar bukan merupakan pantai yang bisa menjadi tempat berenang dan rekreasi air wisatawan.


Hal ini terjadi karena pantat layar merupakan pantai yang langsung menghadap ke pantai Selatan atau samudra Hindia. Ombak di pantai klayar relatif tinggi dan berbahaya apabila wisatawan nekat untuk berenang.


Pesona utama dari pantai ini adalah pemandangan indah, ATV, dan seruling samudra atau karang yang memiliki lubang sehingga setiap terkena ombak akan muncul air mancur yang bersuara seperti seruling. Lokasi ini banyak digunakan sebagai spot foto oleh para wisatawan.


Anda bisa menikmati beberapa wisata maritim di Jatim atau rekomendasi tempat wisata lainnya bersama teman ataupun keluarga. Meski punya banyak wisata maritim, ternyata ada tempat wisata yang dijamin seru dengan pengalaman tak terlupakan.


Salah satunya yakni wisata paralayang. Anda bisa mencoba terbang dengan aman bersama Funfly. Pastikan Anda menyewa partner profesional seperti kami untuk wisata ekstrim ini.

19 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page