top of page

Sangat Indah! Ini Dia 5 Wisata Mangrove di Jatim yang Sayang Dilewatkan

Tempat wisata di Jawa Timur memang tidak ada habisnya. Apalagi tempat wisata yang menggabungkan antara pemandangan yang indah dan rekreasi edukatif seperti hutan mangrove. Membahas tentang beberapa wisata Mangrove di Jatim, simak penjelasan tentang hutan mangrove berikut ini.


Hutan Mangrove


Hutan mangrove atau hutan bakau merupakan area yang ditumbuhi oleh banyak pepohonan bakau yang berada di area sekitar pantai atau di air payau. Karena lokasinya, hutan ini dipengaruhi oleh pasang surut air dan memiliki banyak flora fauna unik.


Biasanya, fauna atau hewan-hewan yang hidup di hutan mangrove merupakan hewan amfibi atau bisa hidup di darat maupun di air. Selain itu, hutan mangrove juga menjadi salah satu solusi agar area pantai tidak terabrasi atau terkikis oleh air laut.


5 Rekomendasi Tempat Wisata Mangrove di Jatim


Berikut adalah 5 rekomendasi tempat wisata mangrove yang berada di provinsi Jawa Timur yang sayang jika Anda lewatkan.


1. Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya

Tempat wisata mangrove yang pertama adalah ekowisata mangrove Wonorejo yang berada di Kota Surabaya. Tempat wisata ini merupakan salah satu hutan mangrove terbesar yang berada di Jawa Timur karena memiliki luas sekitar 200 hektar.


Pesona utama dari tempat wisata ini adalah pemandangan yang sangat indah. Anda bisa berfoto di jembatan yang telah dibangun yang berada diantara hutan mangrove. Tidak hanya itu, banyak ditemukan burung khas Jawa dan beberapa fauna endemik lain.


Untuk memasuki tempat wisata ini, Anda harus membayar sebesar Rp15.000 untuk wisatawan anak-anak dan Rp25.000 untuk wisatawan dewasa. Bisa dikatakan bahwa biaya ini cukup mahal tetapi biaya ini sudah termasuk fasilitas pengantaran menuju ke hutan mangrove dengan kapal.


2. Hutan Mangrove Bedul Banyuwangi

Kita beralih ke area timur yaitu ke kabupaten Banyuwangi. Ada sebuah tempat wisata mangrove di Jatim yaitu hutan mangrove bedul yang berlokasi di purwoharjo Banyuwangi. Tempat wisata ini merupakan salah satu hutan mangrove yang tidak banyak perubahan dan masih alami.


Pesona utama dari tempat wisata ini tentunya pemandangannya yang indah. Bahkan, lokasi ini banyak didatangi oleh wisatawan yang ingin melakukan berbagai sesi foto bersama teman maupun pasangan.


Anda bisa menyusuri area hutan mangrove dengan menggunakan kapal yang disediakan oleh pengelola.


wisata Mangrove di Jatim

3. Hutan Mangrove Cengkrong Trenggalek

Salah satu hutan mangrove yang juga terkenal di Jawa Timur adalah hutan mangrove cengkrong Trenggalek. Tempat wisata ini berlokasi di desa karanggandu kabupaten Trenggalek. Pesona dari tempat wisata ini adalah hutan mangrove dengan pemandangan pegunungan.


Walaupun berada di sekitar pantai, hutan mangrove ini juga dikelilingi oleh bukit-bukit di sekitar pantai yang membuat pemandangan semakin indah. Anda bisa berfoto di berbagai spot yang sudah disediakan dan berpiknik di beberapa gazebo.


Biaya masuk yang dikenakan kepada para wisatawan cukup murah yaitu biaya parkir saja sekitar Rp2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp3.000 untuk kendaraan roda empat.


4. Beejay Bakau Resort Probolinggo

Wisata Mangrove di Jatim selanjutnya adalah Beejay bakau resort Probolinggo. BJBR berlokasi di area sekitar pelabuhan PPP mayangan Kota Probolinggo. Walaupun awalnya merupakan hutan mangrove yang tidak terjangkau, tempat wisata ini sekarang menjadi cukup terkenal.


Pemandangan indah di hutan mangrove tetap menjadi pesona utama. Namun, ada banyak sekali spot foto yang disediakan oleh pengelola di hutan mangrove yang memiliki luas sekitar 5 hektar tersebut.


Banyak orang yang merekomendasikan untuk datang ke wisata ini pada sore hari karena adanya banyak lampu-lampu yang semakin membuat suasana menjadi syahdu. Anda perlu membayar biaya masuk sebesar Rp10.000 dan biaya parkir sesuai dengan jenis kendaraan.


5. Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar Surabaya

Hutan mangrove yang terakhir adalah kebun Raya mangrove gunung Anyar Surabaya. Selain hutan mangrove Wonorejo, hutan mangrove gunung Anyar ini juga merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal yang ingin mendapatkan kesejukan di Surabaya.


Anda bisa melihat keindahan kebun Raya mangrove ini melalui menara pandang yang memiliki tinggi sekitar 12 meter. Walaupun tidak begitu panjang, ada pula jogging track yang bisa Anda gunakan untuk menjelajahi area hutan mangrove.


Tentunya Anda bisa menemukan banyak spot foto yang indah dan gazebo yang cocok untuk berpiknik bersama keluarga. 


Apabila Anda tidak begitu menyukai tempat wisata mangrove di Jatim, Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lain seperti spot paralayang batu yang berada di Malang. Tempat wisata tersebut cocok bagi Anda yang menyukai olahraga ekstrem dan memacu adrenalin seperti paralayang.


Anda juga bisa melengkapi berbagai peralatan perayaan Anda di funfly.id. Ada banyak penawaran yang cukup unik dan menarik serta berbagai peralatan olahraga udara yang lengkap dan dijamin original dari berbagai merek ternama dunia.


Comentarios


bottom of page