top of page

6 Wisata Lawu Jatim yang Wajib Dikunjungi

Gunung Lawu adalah salah satu gunung berapi yang berada di antara provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Selain memiliki jalur pendakian sebagai wisata utama, ada banyak sekali wisata Lawu Jatim yang bisa Anda kunjungi.


Wisata Lawu Jatim, Gunung Lawu


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, gunung Lawu adalah gunung berapi yang berada di antara kabupaten Karanganyar Jawa tengah dan Kabupaten Magetan serta Ngawi Jawa Timur. 


Tentunya, banyak yang datang ke Gunung lawu untuk melakukan pendakian. Namun, tidak sedikit yang datang hanya untuk berwisata sejenak bersama keluarga.


Memiliki ketinggian lebih dari 3200 mdpl, gunung Lawu menawarkan banyak objek wisata di sekitarnya. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan wisata olahraga. Berikut adalah beberapa tempat wisata di kaki gunung Lawu yang berada di provinsi Jawa Timur.


wisata lawu jatim
Foto dari Google Maps Telaga Sarangan (@Zee Cell)

1. Telaga Sarangan

wisata Lawu Jatim yang pertama adalah telaga sarangan. Telaga sarangan adalah salah satu tempat wisata paling terkenal di kabupaten Magetan Jawa Timur. Wisata alam telaga ini memiliki luas 30 hektar dan kedalaman hampir 30 meter.


Anda bisa menikmati udara yang sejuk dan pemandangan yang indah dari area wisata telaga sarangan yang berlokasi di kecamatan Plaosan, Magetan. Juga, merasakan sedikit adrenalin dengan bermain speed boat dan kapal kecil.


Anda juga bisa berkuda mengelilingi area telaga dan menikmati kuliner yang khas daerah tersebut yaitu sate kelinci, bakso, dan nasi pecel. Sangat cocok untuk didatangi keluarga, gathering perusahaan dan bersama pasangan.


2. Bukit Blego Magetan

Bukit Blego adalah salah satu bukit wisata yang berada di kecamatan parang kabupaten Magetan Jawa Timur. Walaupun memang tidak terletak di kaki gunung Lawu, Anda bisa dengan mudah melihat pemandangan gunung Lawu dari bukit ini.


Apalagi jika melakukan penerbangan paralayang dan paragliding. Setelah dilakukan uji coba sejak tahun 2020 oleh para atlet paralayang, bukit ini memenuhi syarat untuk melakukan kedua olahraga udara paling populer di Indonesia tersebut.


Seluruh olahraga udara ini makin terasa berkualitas dan aman jika menggunakan peralatan dari funfly.id. Perusahaan ini menyediakan berbagai peralatan olahraga paralayang dan paragliding yang berkualitas dari berbagai merek dunia.


Funfly.id. juga memberikan garansi dan banyak promo serta kemudahan bagi Anda yang ingin merasakan sensasi terbang bebas dengan menggunakan parasut dan melihat keindahan Indonesia dari udara.


3. Taman Wisata Genilangit

Tempat wisata Lawu Jatim selanjutnya adalah taman wisata genilangit. Taman wisata genilangit berada di kecamatan Poncol kabupaten Magetan Jawa Timur. Wisata ini terkenal dengan ribuan pohon Pinus yang juga menjadi camping ground.


Karena berada di kaki gunung Lawu, tentu saja tempat wisata ini memiliki pemandangan yang indah dan hawa yang sejuk. Ada pula banyak spot foto yang instagramable dan cocok untuk bahan upload ke sosial media.


Bahkan, ada taman bunga yang cukup indah dan taman bertemakan rumah Hobbit yang cocok untuk rekreasi bersama keluarga.


4. Wisata Petik Stroberi

Tempat wisata Lawu Jatim yang ini agak berbeda dengan yang lain. Pasalnya, wisata ini tidak terpaku pada satu area. Mengapa begitu?


Pada dasarnya, wisata petik stroberi bisa Anda temui sepanjang jalan menuju ke area pendakian gunung lawu atau Telaga Sarangan. Banyak warga sekitar yang memiliki kebun stroberi menawarkan pengalaman memanen dan membawa pulang hasil panen stroberi sendiri.


Harganya juga bervariasi. Anda hanya perlu membayarkan uang seharga stroberi yang telah dipetik dan akan dibawa pulang. Tidak jarang, ada yang menjual stroberi hasil kebun masyarakat sekitar di pinggir jalan dengan harga yang murah.


5. Srambang Park

Kita beralih ke kabupaten Ngawi. Ada satu tempat wisata yang juga berada di lereng gunung Lawu. Tempat wisata ini bernama srambang Park. 


Awalnya, srambang merupakan nama sebuah air terjun di lokasi yang sama. Area sekitar tempat wisata tersebut kemudian direvitalisasi dan dibangun beberapa spot foto yang instagramable dan colorful.


Alhasil, tempat tersebut berubah nama menjadi srambang Park yang tidak hanya menawarkan wisata alam, tetapi juga wisata pendukung postingan sosial media yang estetik.


6. Wisata Watu Jonggol

Tempat wisata Lawu Jatim yang terakhir masih berada di kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Hampir sama dengan tempat wisata sebelumnya, watu Jonggol merupakan nama air terjun setinggi 45 meter dengan nama lengkap Sumber Air Kamulyan Watu Jonggol


Wisata air terjun ini sangat unik karena memiliki susun batu yang tak biasa. Area sekitar yang asri dengan banyak bunga liar, susunan bebatuan yang unik, dan udara yang sejuk membuat kombinasi yang sangat meenenterkenal


Gunung Lawu memang berada di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur yang mana memiliki berbagai bentuk wisata yang sangat layak untuk Anda datangi bersama keluarga, teman, kolega, dan pasangan.


8 tampilan0 komentar

Comentarios


bottom of page