top of page

Menjelajah Keindahan Alam di 8 Wisata Alam Jatim

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Jawa yang mempunyai keindahan alam yang sayang untuk untuk Anda lewatkan. Banyak wisata alam Jatim yang patut Anda coba, seperti paralayang, pegunungan, air terjun, pantai, hutan, danau, dan lain sebagainya. Ada apa saja?


1. Kawah Ijen

Kawah Ijen yang berada di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso bukan hanya menarik wisatawan lokal, tetapi juga menarik bagi wisatawan luar negeri. Daya tarik yang sangat indah adalah melihat gunung, kawah ijen dan blue fire yang tampak seperti cahaya biru kehijauan yang sangat cantik. 


Sebenarnya cahaya itu berasal dari pembakaran gas belerang. Anda bisa melihatnya pagi dini hari atau subuh, tapi sebelumnya Anda butuh waktu untuk mendaki sekitar 1,5-2 jam, kemudian turun untuk melihat blue fire sekitar 1 jam. 


2. Gunung Bromo, Wisata Alam Jatim Ikonik

Siapa tak mengenal Gunung Bromo? Ini merupakan tempat wisata di Jawa Timur yang terkenal. Gunung Bromo menawarkan berbagai daya tarik, seperti menikmati sunrise di puncak, kawah bromo, savana, dan bukit teletubbies. 


Ketika di Bromo, Anda bisa berpetualang seru dengan Jeep atau berkuda. Bukan hanya untuk berwisata, kawasan Bromo kental dengan adat dan budaya, tak heran jika pada momen tertentu terkadang wisatawan bisa merasakan pengalaman wisata budaya dan upacara adat. 



3. Pantai Papuma

Pantai Papuma, pantai indah dengan pasir putih, bebatuan karang hitam, pantai biru, dan dikelilingi panorama hutan yang berada di Desa Lolejer, Wuluhan, Jember. Pantai ini termasuk tempat wisata di Jawa Timur yang instagramable, keindahan pantainya patut Anda abadikan. 


Harga tiket masuk sekitar Rp25.000, Anda bisa menikmati pemandangan alam pantai, menikmati sunset, hingga kulineran, seperti makan ikan bakar dan kelapa muda . Selain itu, jika ingin lebih lama Anda bisa sewa penginapan yang masih satu area dengan pantai Papuma. 


4. Taman Nasional Baluran

Jika Anda cari wisata alam Jatim yang berbeda untuk berpetualang, mungkin Anda akan suka dengan wisata Taman Nasional Baluran di Kabupaten Situbondo. Kawasan ini juga disebut sebagai ‘Afrika kecil’ di Indonesia. 


Taman Nasional Baluran merupakan kawasan lindung yang punya banyak spot, seperti padang savana, 4 pantai, yakni Balanan, Bilik, Bama, dan Sijile. ada banyak jenis flora dan fauna, wisatawan bisa melihat banteng, merak, ayam hutan, monyet, rusa, dan lain-lain.


5. Gili Ketapang

Pulau Gili Ketapang merupakan wisata alam yang cocok untuk Anda yang suka melakukan aktivitas air, Anda bisa snorkeling melihat keindahan bawah laut. Letak Gili Ketapang berada di Desa Ketapang, Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, sekitar 30 menit dari pantai utara Probolinggo. 


Harga tiket masuk Gili Ketapang hanya Rp10.000, tapi ada beberapa wahana air yang mematok harga tersendiri, sekitar 150-300 ribu rupiah. Lantas, apa saja aktivitas air yang bisa dilakukan di Gili Ketapang?


Gili Ketapang bisa jadi pilihan wisata keluarga di Jawa Timur, Anda bisa sewa perahu untuk sekeluarga, kemudian coba susur pulau dan Goa Kucing. Selain itu, Anda bisa snorkeling, foto underwater, dan wahana banana boat atau jetski. 


6. Pantai Klayar

Pantai Klayar merupakan destinasi wisata alam Jatim dengan pasir putih dengan batu karang yang indah. Airnya jernih sehingga Anda bisa melihat biota laut kecil yang berada di antara karang. Pantai terbagi menjadi sisi barat dan timur, bagian timur memiliki banyak batu karang. 


Sementara itu, batu karang di sebelah barat lebih sedikit. Anda bisa dapatkan pemandangan alam dan birunya laut dengan naik ke bukit di sisi barat. Selain pemandangannya, Anda bisa menikmati fasilitas lain, seperti penyewaan ATV dan homestay.


7. Mendaki ke Puncak Jengger

Puncak Jengger merupakan wisata alam Mojokerto yang cocok untuk melepas penat dari aktivitas dan hiruk pikuk ibukota. Wisata alam yang sesungguhnya bisa Anda dapatkan disini, tempat ini berupa puncak bukit Jengger sehingga ketika sampai Anda akan memandang hamparan alam hijau.


Selain itu, udaranya juga sejuk. Akses dari parkiran hingga puncak butuh waktu sekitar 2 jam. Namun, meskipun jalur pendakian tergolong mudah dan landai, Anda harus tetap menyiapkan diri dengan perbekalan yang cukup karena di puncak tidak ada penjual ataupun warung. 


8. Paralayang Batu

Tak kalah menarik dari wisata alam lainnya, di Batu Malang ada Paralayang yang menyuguhkan wisata alam di ketinggian. Anda bisa menikmati keindahan alam dan kota Batu Malang dari atas bukit. Tempat wisata yang sejuk di Jawa Timur ini juga menyediakan wahana terbang paralayang seru. 


Tertarik untuk coba wisata alam Jatim sambil menikmati wahana menantang seperti paralayang? Anda bisa terbang bersama Funfly.id. Bukan sekadar terbang, bersama kami Anda bisa belajar terbang atau pembelian alat-alat terbang yang berkualitas.  




1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page