top of page

Villa Tahura Sultan Adam, Bangunan Ala Eropa dengan Pemandangan Terbaik

Villa Tahura Sultan Adam menawarkan Anda untuk menginap di bangunan ala Eropa yang unik dengan pemandangan alam yang menawan. Penginapan ini cocok untuk Anda yang ingin berwisata alam sekaligus bermalam. 


Tahura Sultan Adam sendiri merupakan wisata populer di Kalimantan Selatan, juga dikenal sebagai wisata Mandiangin & Bukit Batu. Wisata tersebut memiliki berbagai daya tarik, termasuk diantaranya adalah Villa yang juga punya nilai sejarah. 


Kawasan Tahura Sultan Adam memiliki luas sekitar 112 ribu hektar, selain villa didalamnya ada air terjun, camping ground, arboretum atau lahan berbagai tumbuhan, kolam, sumber mata air dan benteng Mandiangin. 


Biaya Masuk 2024 Tahura Sultan Adam

Sebelum masuk Villa, ketahui biaya masuk 2024 Tahura Sultan Adam. Biaya ini ditetapkan sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 1 tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Kontribusi Daerah, yaitu untuk dewasa Rp12.000 per orang, sementara anak-anak Rp10.000.


Ingin menginap di Villa dengan rombongan? Harga tiket masuknya bisa jadi lebih murah, yaitu Rp10.000 untuk rombongan dewasa dan Rp8.000 untuk rombongan anak-anak. dengan tambahan asuransi Rp1.000. 


Sejarah Villa atau Pesanggrahan Tahura Sultan Adam


Villa juga dikenal dengan Pesanggrahan Tahura Sultan Adam, alamat villa berada di Kiram, Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Lokasi tepatnya berada di dalam Taman Hutan Raya Sultan Adam. 


Pesanggrahan ini sudah ada sejak kolonial Belanda. Hingga kini pun, Anda masih bisa merasakan nuansa Belanda, seperti arsitektur penginapan jendela kayu dengan pintu gaya klasik. Di depan villa terdapat pepohonan yang rindang di atas bebatuan kulit ular. 



Sebelum era kolonial Belanda, Pesanggrahan menjadi tempat untuk peristirahatan raja dan bangsawan dari luar kota. Tempat ini juga berkaitan dengan jalur rempah, merupakan bagian dari rute Selatan Geopark Meratus.


Menggambarkan kawasan hutan yang subur hingga kampung herbal yang menawarkan pengobatan tradisional. Kemudian, pada tahun 1939, Gouverneur Van Borneo, Dr. Bauke Jan (BJ) Haga, mengubah pesanggrahan menjadi tempat untuk istirahat pejabat Belanda.


Namun, sejak Jepang datang, Pesanggrahan tidak digunakan lagi hingga terbengkalai. Namun, sekarang fungsinya sudah beralih menjadi villa yang lebih terawat dan layak untuk digunakan umum. Anda bisa menginap untuk kegiatan bersama, seperti gathering keluarga.


Mengenal Lebih Dalam tentang Villa Tahura Sultan Adam

Bagi Anda yang ingin menginap dan bermalam di Tahura Sultan Adam, sebenarnya ada dua macam cara, yaitu bermalam dengan tenda di area camping ground atau bermalam di Villa. Camping ground sendiri dipatok harga Rp5.000.


Untuk penginapan villa sendiri belum ada harga resmi untuk sekaligus satu villa sehingga Anda bisa langsung menghubungi pengelola untuk melakukan reservasi melalui nomor yang tertera pada sosial media Instagram @tahura.sultanadam. 


1. Fasilitas Villa Tahura Sultan Adam

Penginapan di Tahura Sultan Adam punya fasilitas seperti pada umumnya, ada kamar tidur dengan queen bed yang dilengkapi kipas angin. Kamarnya cukup luas, bersih, dan nyaman. Selain itu, dalam penginapan ada TV LED, area dapur dengan kitchen set. 


Anda bisa bawa bekal untuk menyiapkan makanan sendiri atau membeli makanan pada warung yang berada dibawah. Selain itu, ada meja dan kursi di teras dan dalam villa. Pada kawasan villa ini pula terdapat warung. 


Berdasarkan informasi pada papan reklame Tahura Sultan Adam Mandiangin, harga sewa kamar standard Rp500.000 per malam, kamar deluxe Rp600.000 per malam, dan kamar superior Rp800.000, Anda bisa tambah atau extra bed dengan biaya Rp100.000.


2. Suasana Penginapan Nyaman

Suasana penginapan bergaya klasik ini nyaman, ada teras dengan beberapa kursi dan meja sehingga Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan. Lokasinya bersih dengan tanaman-tanaman hijau nan cantik yang tertata rapi. 


Bukan hanya bangunan villa utama yang memberikan sensasi Belanda, tapi lingkungan sekitarnya pun juga begitu, seperti terdapat tugu atau replika kincir angin. Lokasinya juga berada di puncak sehingga tenang dan adem. 


Namun, berdasarkan penuturan pengunjung, meskipun berada pada area pegunungan, pada musim tertentu mungkin tetap akan terasa panas. Disamping itu, suasana dan lokasinya cocok untuk kegiatan bersama, beberapa pengunjung menunjukkan mencoba gathering di tempat ini. 


3. Nikmati Pemandangan Cantik dan Aktivitas Seru 

Kawasan villa ini memiliki berada di Puncak, tapi Anda tidak perlu khawatir karena aksesnya sangat mudah. Anda bisa memarkir kendaraan roda empat atau roda dua di dekat villa. Lokasinya yang berada di puncak, memungkinkan Anda untuk menikmati indahnya  alam pegunungan. 


Bukan hanya itu, Kegiatan lain yang bisa Anda coba adalah berwisata seru, ada area outbound, berkuda, agrowisata, taman kelinci, kandang rusa, terbang dengan paralayang tandem, dan lain sebagainya. 


Anda tidak bisa berdiam diri saja di Villa Tahura Sultan Adam, karena banyak aktivitas yang bisa Anda coba. Dapatkan informasi penginapan atau liburan di berbagai wisata di Indonesia lengkap dan terbaru melalui funfly.id

תגובות


bottom of page