top of page

Spot Wisata Paralayang Lampung dengan Pemandangan Eksotis

Wisata paralayang Lampung bisa masuk daftar destinasi untuk mengisi waktu liburan Anda. Liburan di tempat wisata paralayang cocok bagi Anda yang sudah penat dengan aktivitas sehari-hari karena lokasinya berada di dataran tinggi yang sejuk nan indah. 


Seperti namanya, tempat wisata paralayang biasanya memiliki lokasi untuk terbang paralayang, bisa untuk terbang tandem atau berdua, atau juga bisa untuk terbang solo atau sendiri. Ada beberapa spot paralayang yang bisa Anda coba. Apa saja?


2 Spot Wisata Paralayang Lampung 

Anda bisa mencoba diantara 2 spot untuk wisata paralayang, yaitu Paralayang di Bukit Mandi Angin atau di Bukit Teluk Nipah, keduanya memiliki daya tarik tersendiri. Masing-masing bukiit berada di Lampung Barat dan Lampung Selatan. Simak informasi lengkapnya berikut ini.


Paralayang Bukit Mandi Angin

Anda bisa terbang paralayang di Bukit Mandi Angin. Bukit yang berada di ketinggian 400 meter ini cocok menjadi tempat take off paralayang. Bagi Anda yang tidak ingin terbang maka bisa menikmati udara bukit yang sejuk sekaligus menyaksikan aksi penerbang paralayang. 


Lokasi Bukit berada dalam kawasan Lumbok Ranau sehingga bukit ini jadi salah satu spot paralayang dengan view terindah di Lampung. Ketika mengudara di langit, Anda bisa menikmati pemandangan hijaunya pegunungan Seminung dan birunya Danau Ranau. 


Harga wisata paralayang ini sekitar Rp350.000. Harga tersebut mirip dengan harga pasaran wisata paralayang lainnya. Namun, harga bisa berubah kapan saja sesuai dengan kebijakan pengelola. Anda bisa datang ke lokasi Lumbok Ranau, Lampung Barat.


Wisata paralayang Lampung


Paralayang Bukit Teluk Nipah

Selain Bukit Mandi Angin, Anda bisa mencoba paralayang dari Bukit Teluk Nipah. Bukit ini berada dalam kawasan PT. Optina Nusa Tujuh, Dusun Sudul, Sukamarga, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan dengan ketinggian sekitar 120 mdpl.


Bukan sekadar paralayang, tetapi bukit ini juga bisa digunakan untuk olahraga terbang paramotor. Bagi Anda yang punya komunitas paralayang atau paramotor juga bisa sekaligus camping seru bersama-sama. 


Take off dari Bukit Nipah, kemudian bisa landing di bibir pantai Teluk Nipah atau bisa juga top landing ke Bukit Teluk Nipah lagi. Sementara ini, di bukit ini hanya ada terbang paralayang solo. Jadi, tidak ada wahana untuk terbang tandem atau berdua.


Keamanan Terbang Paralayang 

Paralayang memang salah satu olahraga udara yang ekstrem. Oleh karena itu, tidak semua orang bisa terbang, butuh nyali yang besar untuk terbang. Jika memang tidak siap untuk terbang atau takut ketinggian, Anda bisa cukup menikmati pemandangan di paralayang Lampung


Bukan sekadar menyenangkan, terbang paralayang harus mengutamakan keamanan. Oleh karena itu, tidak semua wisata paralayang Lampung dapat menyediakan terbang tandem. Ada beberapa aspek yang menjadi perhatian. 


Seperti instruktur paralayang profesional dan bersertifikat, serta tempat yang memadai. Misal, di Bukit Teluk Nipah, sebelumnya memang sudah sering digunakan untuk terbang paralayang solo. Namun, tampaknya lokasi take off dan landing masih bisa dibenahi sehingga fasilitasnya semakin bagus.


Tips Sebelum Terbang Paralayang 

Apakah Anda orang awam yang tidak punya keterampilan sama sekali terkait terbang paralayang? Jika iya, Anda perlu mempersiapkan keberanian, menggunakan baju yang tepat, dan sepatu. Helm dan peralatan terbang biasanya sudah disediakan tempat wisata paralayang Lampung


Biasanya sudah termasuk dengan instruktur terbang profesional. Jika tidak ada, maka wisata paralayang tidak bisa menyediakan tandem demi keamanan bersama sehingga pilihannya adalah Anda tidak terbang atau belajar untuk terbang solo.


Persiapan yang Matang

Baik terbang tandem ataupun terbang solo, Anda perlu melakukan persiapan yang matang. Apa saja yang harus Anda siapkan? Pertama kelengkapan alat paralayang yang dapat berfungsi dengan baik. Jika tandem, Anda harus mendapat alat pelindung diri seperti helm. 


Selain itu, Anda perlu datang ke lokasi pada jam sesuai ketentuan pihak pengelola karena biasanya sudah memahami pola cuaca yang terjadi. Jika Anda terbang solo maka pastikan sudah memiliki keterampilan terbang yang mumpuni. 


Kondisi tak terduga bisa terjadi ketika Anda terbang, misal tiba-tiba cuaca buruk, angin kencang, atau alat bermasalah sehingga terkadang butuh pendaratan darurat. Jika terampil setidaknya Anda bisa mengantisipasi kejadian buruk atau mengatur strategi untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan. 


Gabung dengan Kursus Paralayang 

Apakah Anda suka olahraga paralayang? Terbang paralayang wahana relatif tidak murah, sekian ratus ribu untuk beberapa menit saja. Oleh karena itu, jika Anda ingin lebih leluasa untuk terbang, bahkan terbang solo maka Anda bisa bergabung dengan kursus paralayang. 


Kursus paralayang bersama dengan instruktur profesional akan membuat Anda terampil menerbangkan paralayang sendiri. Lebih lagi, Anda bisa coba memiliki peralatan lengkapnya sendiri sehingga Anda lebih bebas mencoba paralayang dimanapun dan kapanpun. 


Wisata paralayang Lampung bisa Anda pilih antara dari Bukit Teluk Nipah untuk terbang solo atau dari Bukit Mandi Angin untuk terbang tandem ataupun solo. Dapatkan pula kursus dan peralatan lengkap paralayang dari distributor resmi dan terpercaya Funfly.id



46 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page