top of page

Rute Tahura Sultan Adam dan Tips Perjalanannya!

Bagi Anda yang ingin menikmati wisata alam di Tahura Sultan Adam, tentu saja Anda harus mengetahui rute Tahura Sultan Adam. Selain itu, Anda perlu mengetahui tips-tips melakukan perjalanan ke tempat wisata satu ini.


Terutama, jika Anda merupakan wisatawan dari luar daerah apalagi luar pulau. Dengan mengetahui rute dan tips penting. Anda bisa memastikan bahwa perjalanan Anda ke Tahura Sultan Adam lebih aman. 


Bagi Anda yang khawatir dengan rute perjalanan yang sulit dan panjang. Tidak perlu risau, karena akses ke tempat wisata ini sudah ditingkatkan. Jadi, para wisatawan jadi lebih mudah menjangkau tempat wisata satu ini. 


Tentang Tahura Sultan Adam 

Sebelum mencari tahu rute Tahura Sultan Adam, Anda perlu mencari tahu tentang tempat wisata satu ini lebih dahulu. Tahura sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari Taman Hutan Rakyat, wisata ini berada di Pulau Kalimantan tepatnya di Kalimantan Selatan. 


Taman Hutan Rakyat ini memiliki luas kurang lebih 112.000 hektar, tentu saja sangat luas. Namun, area yang dibuka untuk wisata sendiri sebenarnya tidak semua. Kurang lebih 200 hektar saja area yang bisa dan sudah dijelajahi oleh para wisatawan. 


Pada area ini, beberapa area sudah dipugar dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk wisatawan. Jadi, walaupun berwisata di hutan tidak perlu khawatir soal akses dan fasilitas di Taman Hutan Rakyat ini. 


Fasilitas wisata yang tersedia ini Tahura Sultan Adam ini meliputi hutan lindung, suaka margasatwa, area pendidikan, permainan, dan berbagai permainan lain. Taman Hutan Rakyat ini merupakan habituasi dan tempat penangkaran bagi beberapa hewan yang termasuk langka. 


Beberapa hewan langka dan dilindungi tersebut seperti bekantan, beruang madu, owa, dan binturung, dan sebagainya. Tidak lama ini, ada spot wisata baru yang ditambahkan di tempat wisata ini yaitu paralayang dan gantole. 


Karena berada di dataran yang tergolong tinggi, selain itu alam di hutan juga sangat asri dan terjaga. Membuat Tahura Sultan Adam menjadi incaran banyak penerbang profesional bahkan para pemula. 


Jam Buka Tempat Wisata 

Anda pasti tidak ingin sudah melalui perjalanan panjang, namun sampai di tempatnya malah sudah tutup. Karena itu, sebelum datang ke Tahura Sultan Adam, Anda perlu mengetahui jam buka dari tempat wisata ini. 


Bagi Anda yang tidak berkemah atau hanya ingin menghabiskan satu hari di tempat wisata ini. Taman Hutan Rakyat ini buka dari pukul 05.30 WITA di Hari Sabtu dan Minggu. Waktu yang tepat bagi Anda yang ingin datang dan mengincar sunset. 


Pengunjung bisa masuk hingga pukul 24.00 WITA. Jika berkemah, bisa berada di camp ground sampai hari selanjutnya.


Rute Tahura Sultan Adam 

Tahura Sultan Adam letaknya berada di dua Kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan, yaitu Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut. Jika berangkat dari Kota Banjarmasin maka jarak tempuh yang perlu dilalui sekitar 53,4 KM dengan menempuh perjalanan di jalan utama Jalan Ahmad Yani. 


Perjalanan dari Kota Banjarmasin memerlukan waktu sekitar 1.5 jam. Untuk sekarang, tidak ada pilihan lain selain membawa kendaraan pribadi. Namun, Anda bisa menggunakan motor maupun mobil. Karena akses jalan yang sudah mulus dan luas. 


Jika Anda ingin mengejar sunset, disarankan untuk memulai perjalanan dari malam hari. Jadi, Anda bisa sampai di Tahura Sultan Adam pada waktu jam buka dengan tepat waktu. 


Tips Perjalanan ke Tahura Sultan Adam


Jika Anda sudah mengetahui rute Tahura Sultan Adam, Anda pasti bisa membayangkan perjalanan menuju tempat wisata ini cukup panjang dan melelahkan. Berikut ada beberapa tips perjalanan sederhana yang bisa Anda ikuti untuk menjaga kondisi Anda di perjalanan ke tempat wisata ini: 


1. Jaga Kondisi Kesehatan Tubuh 

Hal pertama dan paling penting adalah pastikan Anda menempuh perjalanan ini dalam kondisi sehat. Karena perjalanan panjang dengan kendaraan pribadi akan menguji stamina. Apalagi, jika Anda berangkat pada malam hari. Pastikan untuk cukup tidur pada siang harinya. 


2. Gunakan Pakaian Hangat 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Tahura Sultan Adam ini berada di kawasan dataran tinggi. Jadi, suhu di tempat wisata tersebut terutama pada pagi hari akan sangat dingin. Karena itu, sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan pakaian tebal yang bisa menghangatkan tubuh. 


3. Langsung Berhenti Ketika Mengantuk 

Perjalanan pada malam hari biasanya membuat supir lebih mudah mengantuk. Walaupun Anda ingin segera sampai di tempat wisata namun jangan sampai memaksakan diri. Jika memang sudah mengantuk di perjalanan lebih baik berhenti atau bergantian menyetir. 


Terbang di Tahura Sultan Adam Bersama Funfly


Anda sudah mengetahui rute Tahura Sultan Adam, sekarang Anda tinggal memutuskan aktivitas apa yang ingin Anda lakukan di tempat wisata ini. Cek www.funfly.com untuk info aktivitas olahraga terbang yang ada di tempat wisata ini. 



Comentários


bottom of page