top of page

Info Terbaru Puncak Paralayang Mojokerto

Mojokerto jadi salah satu daerah di Jawa Timur yang menyuguhkan berbagai wisata alam menakjubkan. Ada gunung penanggungan, air terjun coban canggu, puncak jengger, bumi perkemahan dan air terjun dlundung, puncak paralayang Mojokerto, dan lain sebagainya.


Berbagai wisata di Mojokerto bisa jadi destinasi liburan Anda berikutnya. Bagi Anda ingin liburan sekaligus berolahraga terbang yang ekstrem, puncak di Mojokerto bisa jadi pilihan tepat untuk Anda pasalnya wisata puncak umumnya menawarkan kegiatan ekstrem, seperti paralayang.


Jika Anda cek melalui Google Maps, Anda akan mendapati dua area paralayang puncak di Mojokerto. Namun, jika Anda lihat cek lebih dalam, salah satu layanan terbang paralayang sudah tidak beroperasi. Jadi, jangan sampai Anda salah pilih dan berujung kecewa.


Puncak Paralayang Mojokerto Tidak Menawarkan Terbang Paralayang


Ada beberapa puncak Mojokerto yang sebelumnya menyediakan olahraga paralayang, yaitu Paralayang Trawas yang berada di jalan Keramat, Kecamatan Trawas dan Puncak Sungkroo Paralayang Trawas yang juga di berada di Kecamatan Trawas dekat dengan Sweetdream Jungle Hill.


Sweetdream Jungle Hill dan Paralayang Trawas dahulunya merupakan lokasi runaway paralayang. Namun, kini keduanya tidak melayani terbang paralayang untuk umum. Padahal, tahun 2020, wisata Paralayang diresmikan dan diharapkan bisa menarik para atlet paralayang Jawa Timur.


Jadi, bukan hanya sekadar wisata alam puncak, tetapi juga ada kegiatan terbang menggunakan paralayang dan agrowisata petik sayur. Menarik bukan? Dari lokasi take off di puncak Paralayang Trawas, penerbang akan mendarat tepat di depan hotel Arayanna.


Namun, informasi terbaru menurut ulasan pengunjung, Paralayang Trawas memang masih beroperasi dari sekitar jam 7.45 pagi hingga pukul 17.00 sore dengan harga tiket masuk sekitar 10 ribu rupiah. Namun, kegiatan paralayang sudah tidak ada.


Daya Tarik Paralayang Trawas

Meskipun paralayang di lokasi Paralayang Trawas sudah tidak beroperasi, tampaknya wisata ini masih punya daya tarik yang bisa Anda nikmati. Apa saja? Anda bisa bersantai sambil menikmati keindahan alam Mojokerto .


Ada cafe sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika lapar atau haus, Anda bisa menikmati kopi atau teh hangat dan masakan nusantara sambil bersantai menikmati udara sejuk dan pemandangan yang indah.


Pemandangan alam gunung Penanggungan dan Welirang akan memanjakan mata Anda. Selain itu, ada serta petik sayur segar yang cocok untuk dilakukan bersama keluarga. Jika hanya ingin bersantai, Anda juga bisa mencoba bersantai dengan hammock.


puncak paralayang mojokerto

Puncak Paralayang Sungkroo Trawas


Jika Anda ingin menikmati wisata alam sekaligus mencoba paralayang, Anda bisa berkunjung ke puncak Mojokerto, yakni Puncak Paralayang Sungkroo. Wisata paralayang Mojokerto ini menawarkan pemandangan alam yang tak kalah indah dengan Paralayang Trawas.


Lokasi Puncak Paralayang Sungkroo berada di area hutan, kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Jarak dari lokasi Paralayang Trawas sekitar 1,7 km dengan jarak tempuh menggunakan kendaraan bermotor sekitar 5 menit saja.


Areanya berada di kawasan perhutani Jawa Timur dan berada di ketinggian 1216 MDP, karena areanya masuk hutan, jadi akses jalan menuju Sungkroo cukup menantang, seperti melewati beberapa jalan makadam, akan lebih mudah jika Anda menggunakan motor trill.


Tips Sebelum Terbang Paralayang


Dimanapun lokasi terbang Anda, persiapan matang adalah suatu keharusan. Terbang paralayang bukan kegiatan biasa, tetapi olahraga yang menantang dan berisiko bahaya. Oleh karena itu, ada beberapa tips untuk Anda sebelum terbang.


1. Terbang Menyesuaikan Kondisi Cuaca

Biasanya ada jam dan bulan tertentu dimana cuaca akan lebih stabil dan aman untuk terbang. Pastikan Anda terbang aman dengan memperhatikan kondisi cuaca. Cuaca yang tidak stabil tentu akan membahayakan.


Layaknya pesawat terbang yang delay ketika cuaca buruk, penerbang paralayang juga sebaiknya terbang ketika cuaca stabil. Selain itu, ketika cuaca stabil dan cerah Anda bisa dapat pemandangan alam yang lebih tampak jelas, tidak berkabut atau ada awan tebal yang menghalangi..


2. Pilih Terbang Tandem

Bagi Anda penerbang paralayang yang pertama kali mencoba atau masih pemula, ada baiknya untuk terbang tandem atau berdua bersama penerbang profesional. Terbang paralayang tidak mudah dan butuh keterampilan khusus.


Demi keamanan dan kenyamanan terbang, sebaiknya pilih terbang dengan penerbang yang sudah ahli. Jadi, Anda cukup terbang menikmati pemandangan alam, sedangkan yang mengendalikan paralayang adalah orang lain.


3. Peralatan Harus Lengkap

Bagian paling penting sebelum terbang adalah siapkan peralatan yang masih berfungsi dengan baik secara lengkap, seperti parasut utama, cadangan, seat harness, alat pelindung diri, seperti helm dan sepatu.


Bagi Anda yang ingin menekuni terbang paralayang, bisa belajar terbang dan menyiapkan peralatan lengkap melalui www.funfly.id. Kami menyediakan jasa belajar terbang, sekaligus distributor resmi dari beberapa brand ternama peralatan paralayang, seperti Ozone, Nvolo, dan Icaro.


Memang tidak semua Puncak Paralayang Mojokerto menyediakan terbang paralayang. Namun, kebijakan tersebut bisa berubah, Anda bisa selalu update terbaru melalui sosial media atau ulasan pengunjung Google Maps. Cek juga www.funfly.id untuk update peralatan paralayang terlengkap.

Comments


bottom of page