top of page

Bukit Paralayang Watu Gupit, Puncak Paralayang Jogja yang Tersohor

Warga Yogyakarta pasti sudah tidak asing dengan Bukit Paralayang Watugupit. Bukit ini terkenal akan keindahan pemandangannya. Bahkan, tempat ini disebut dengan puncak paralayang Jogja, saking terkenalnya. Sebelum itu, Anda perlu menyimak terlebih dahulu informasi mengenai paralayang berikut ini.


Apa itu Paralayang?

Paralayang adalah sebutan bagi olahraga udara yang dilakukan dengan terbang bebas menggunakan sebuah parasut atau sayap kain. Olahraga ini juga biasa disebut dengan paragliding. Kebanyakan orang melakukan olahraga ini untuk tujuan rekreasi ataupun kompetisi seperti halnya olahraga lain.


Paralayang merupakan salah satu olahraga udara ekstrem yang memerlukan dataran tinggi sebagai titik awal penerbangan. Olahraga ini sangat bergantung pada arah angin. Para penerbang kemudian akan mendarat di area dataran rendah.


Bagi Anda yang berdomisili di Yogyakarta dan ingin menjajal olahraga ekstrem ini, Anda bisa langsung menuju puncak paralayang yang paling terkenal yaitu Bukit Watugupit. Oleh karena itu, olahraga ini cocok untuk dilakukan di Indonesia yang memiliki banyak dataran tinggi dengan pemandangan menawan.


Di Yogyakarta sendiri, olahraga ini memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. Bahkan, ada satu lokasi terkenal di sana yang menyandang julukan Puncak Paralayang Jogja. Lokasi ini adalah Bukit Paralayang Watugupit.


Puncak paralayang jogja
Foto dari Google Maps Bukit Paralayang Watu Gupit (@Cindy Lingga)

Puncak Paralayang Jogja: Bukit Paralayang Watu Gupit

Bukit Paralayang Watugupit merupakan salah satu tempat wisata yang berlokasi di Provinsi Yogyakarta, lebih tepatnya di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul. Lokasi ini kurang lebih berjarak 30 km dari pusat kota Yogyakarta.


Anda bisa menempuh perjalanan selama 1 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor apapun karena akses yangs angat mudah. Rute menuju Watu Gupit juga bisa dilalui menggunakan panduan Google Maps.


Puncak Paralayang Jogja ini buka pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 19.00 WIB. Biasanya, wisatawan mulai berdatangan pukul 16.00 WIB dan mulai ramai saat 17.30 WIB. Jadi, pilih waktu terbaik Anda untuk melihat sunset di sini agar mendapatkan lokasi yang bagus.


  • Harga Tiket yang Affordable

Seperti halnya kebanyakan tempat wisata di Jogja, Anda harus membayar sejumlah uang untuk masuk ke area Bukit Paralayang Watu Gupit. Setidaknya, Anda harus membayar 3 retribusi yang berbeda.


Yang pertama adalah tiket masuk ke pantai Parangtritis. Anda harus membayar tiket sebesar Rp10.000 karena bukit paralayang watugupit ini berada satu area dengan pantai Parangtritis. Dari sana, Anda masih perlu berkendara sejauh 2 km.


Setelah itu, Anda harus membayar tiket masuk ke bukit paralayang watu gupit sebesar Rp5.000 per orangnya. Sekitar 500 meter dari lokasi tiket, Anda harus membayar biaya parkir sebesar Rp3.000, Rp5.000 atau Rp10.000 tergantung kendaraan yang Anda gunakan.


Setelah melewati 3 pembayaran tersebut, Anda baru bisa menikmati keindahan bukit paralayang Watugupit. 


  • Pemandangan Sunset yang Cakep

Bukit Paralayang Watugupit merupakan salah satu lokasi nonton sunset yang cukup terkenal di kalangan anak muda Jogja. Banyak dari mereka yang rela menyetir jauh-jauh dari area kota menuju ke Gunungkidul hanya untuk mendapatkan pemandangan indah ini.


Dari bagian atas, Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan area Pantai Parangtritis dan Samudra Hindia. Dengan dihiasi semburat kekuningan matahari tenggelam, suasana syahdu tercipta dengan indahnya.


Tidak hanya anak muda saja, berbagai kalangan juga datang ke lokasi ini sekedar untuk bersantai dan menikmati cemilan seharga lima ribuan sampai belasan ribu. Sederhana tapi tetap syahdu.


  • Lokasi Paralayang Paling Terkenal di Jogja

Seperti namanya, Bukit Paralayang Watugupit terkenal sebagai tempat take off paralayang di Yogyakarta. Jika ingin melakukan olahraga paralayang dari bukit ini, Anda harus menyiapkan dana sebesar Rp450.000.


Apabila Anda seorang pemula atau tidak pernah melakukan olahraga ini, Anda bisa langsung terbang dengan ditemani petugas yang sudah handal. Seluruh peralatan juga telah disiapkan oleh petugas.


Mungkin bagi orang awam harga tersebut termasuk cukup mahal. Namun bagi pecinta olahraga ekstrem ini harga tersebut sudah sangat sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. Juga, bisa dipastikan penerbangan menjadi lebih aman.


Selain mendapatkan fasilitas dari petugas, Anda juga bisa membawa peralatan paralayang sendiri. Selain kualitasnya yang terjamin, Anda bisa membawa variasi peralatan yang biasa digunakan.


Untuk mendapatkan peralatan yang lengkap dan berkualitas, Anda bisa mengunjungi funfly.id. website ini menyediakan berbagai peralatan paralayang yang sesuai dengan Indonesia. Tentunya, funfly.id merupakan distributor resmi dari merek peralatan paralayang ternama.


Apabila melakukan paralayang dari puncak paralayang Jogja ini, Anda akan merasakan sensasi terbang dengan pemandangan samudra Hindia yang berkilauan dan pantai Parangtritis yang sangat terkenal di Jogjakarta.


Tak lupa, Anda akan melihat area gurun kecil yang pasirnya akan berkilauan diterpa matahari yaitu gumuk pasir Yogyakarta. Sangat indah bukan?


Saat pendaratan, Anda akan berada di daratan sekitar pantai Parangtritis. Di sana, Anda masih bisa melakukan banyak kegiatan lain seperti berkuda bermain air dan bersantai.

Comments


bottom of page