top of page

Puncak Joglo Wonogiri, Destinasi Sunset dan Paralayang

Apabila kalian menyukai tempat wisata dengan pemandangan indah dari ketinggian untuk melihat sunset atau sunrise dan kebetulan berlokasi di Wonogiri, mengunjungi Puncak Joglo Wonogiri bisa menjadi pilihan terbaik.


Menikmati Pemandangan Indah dari Puncak Joglo Wonogiri

Wonogiri merupakan salah satu kabupaten yang berada di paling ujung provinsi Jawa tengah. Kabupaten ini terkenal dengan wisata Waduk Gajah Mungkur dan Museum Karst. Namun, ada satu tempat wisata lain yang tidak kalah terkenal bernama Puncak Joglo.


Puncak Joglo Wonogiri merupakan salah satu tempat wisata paling terkenal yang berada di kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Bukit dengan pemandangan terbuka ke semua arah dan berbentuk seperti atap rumah adat suku Jawa, membuat tempat ini dinamakan dengan Puncak Joglo.


Pemandangan indah dari ketinggian ke semua arah hingga ke hamparan pegunungan Pacitan, terlebih lagi keindahan sunrise dan sunset, menjadi ciri khas dari tempat wisata ini.

Tidak hanya itu saja, tempat wisata ini juga cocok digunakan untuk olahraga paralayang.


Tanpa menunggu lebih lama lagi, berikut adalah beberapa deskripsi dari lokasi wisata yang dekat dengan Waduk Gajah Mungkur ini.




PUNCAK JOGLO WONOGIRI



Tempat wisata ini berlokasi tidak jauh dari pusat Kota Wonogiri, lebih tepatnya berada di desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Wonogiri. Kurang lebih jaraknya sekitar 10 km dari alun-alun kota Wonogiri.


Anda bisa menempuh perjalanan selama kurang lebih 20 menit dengan kendaraan bermotor menuju ke arah selatan yaitu melewati jalan Wonogiri-Pracimantoro. Akses menuju tempat wisata ini juga sudah baik dan bisa dilewati kendaraan roda empat.


Namun, rute jalan menuju lokasi ini bisa dikatakan cukup menanjak sehingga pastikan bahwa kendaraan Anda dalam kondisi yang baik. Lokasinya tidak jauh dan memiliki pemandangan indah waduk gajah Mungkur dari ketinggian, tentunya hal ini untuk menjadi tempat wisata keluarga.



Hal yang paling memudahkan wisatawan adalah tempat ini buka setiap hari. Puncak Joglo Wonogiri buka mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 18.00 sore. Untuk memasuki tempat wisata ini, Anda harus membayar sejumlah uang untuk tiket masuk sama seperti tempat wisata lain.


Untuk memasuki area wisata, Anda harus membayar biaya  sebesar Rp10.000. Anda juga harus membayar biaya lainnya seperti biaya parkir dan biaya tiket paralayang apabila ingin menjajal olahraga adrenalin di sini.



Sama seperti halnya tempat wisata lain, destinasi wisata di Wonogiri ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Tentunya, mereka menyediakan tempat parkir kendaraan yang cukup luas, banyak tempat makan, dan juga area tempat duduk maupun gazebo untuk bersantai.


Ada pula fasilitas gardu pandang yang bisa memaksimalkan pandangan Anda terhadap pemandangan atau landscape Wonogiri yang indah. Ada pula area tempat ibadah dan juga toilet yang cukup bersih.


Yang pasti, Anda tidak perlu khawatir dan kesulitan untuk melakukan banyak hal karena fasilitas di tempat wisata ini sudah cukup lengkap dan memenuhi kebutuhan anda. Hanya perlu datang dan nikmati pemandangan saja. 



Salah satu ciri khas dari tempat wisata puncak ini adalah pemandangan yang indah saat sunrise dan sunset. Karena pemandangan inilah, banyak orang yang rela berkemah atau camping di area ini.


Kebanyakan wisatawan datang dengan membawa peralatan camping sendiri. Untuk melakukan camping, Anda harus mendapatkan izin dari petugas setempat. Dari ketinggian 680 mdpl, pemandangan terbuka kabupaten Wonogiri akan memanjakan mata Anda.


Banyak wisatawan yang merekomendasikan untuk datang di sore hari atau menjelang sunset karena memiliki pemandangan paling indah. Ditemani dengan makanan ringan dan semilir angin, camping di wisata ini pasti terasa nikmat dan syahdu.



Kegiatan terakhir yang bisa dilakukan disini adalah olahraga paralayang. Anda bisa melakukan olahraga paralayang dan menikmati pemandangan indah Kota Wonogiri dengan terbang bebas menggunakan parasut dari ketinggian.


Puncak Joglo juga merupakan landasan pacu untuk olahraga udara paralayang yang terkenal di Wonogiri. Seringkali, tempat wisata ini juga menjadi tempat latihan paralayang yang dilakukan oleh atlet, tentara, maupun polisi.


Tidak jarang pula, ada kompetisi paralayang lokal maupun nasional yang terlaksana di tempat ini. Hal ini menunjukkan bahwa puncak joglo merupakan lokasi take off paralayang yang aman dan layak dikunjungi.


Untuk melakukan paralayang di tempat wisata ini, Anda harus membayar biaya sebesar Rp400.000 hingga Rp500.000. hal ini adalah hal yang wajar karena Anda akan didampingi oleh satu petugas selama terbang.


Pastikan juga Anda mendapatkan banyak peralatan paralayang dan olahraga udara lain di tempat kami. Kami menyediakan jaminan original dan banyak penawaran menarik sampai peralatan olahraga udara ini sampai di depan rumah Anda.


Jangan lupa kunjungi dan rasakan paralayang di Puncak Joglo Wonogiri bersama funfly.id untuk melengkapi peralatan paralayang Anda.


12 tampilan0 komentar

コメント


bottom of page