top of page

Parasut Cadangan SKY LITE XL RESERVE PARACHUTE sebagai Sky Reserve Parachute

Diperbarui: 13 Mei 2023

SKY LITE adalah salah satu parasut cadangan dengan berat yang ringan, seperti parachute SQ atau parachute SQ Pro. Parasut cadangan SKY LITE XL RESERVE PARACHUTE juga merupakan sky reserve parachute yang bisa untuk para pilot paraglider.


Para penerbang yang memang sudah memahami kondisi cuaca, pemilihan rute dengan hati-hati, dan ketepatan peralatan. Namun, situasi tak terduga bisa sewaktu-waktu terjadi. Jadi parasut cadangan yang bagus harus selalu ada demi keamanan selama Anda mengudara.


Informasi Produk Parasut Cadangan SKY LITE XL RESERVE PARACHUTE


Sebagai produk yang sudah teruji mumpuni dan aman, parasut cadangan SKY LITE XL RESERVE PARACHUTE telah memiliki sertifikat EN. Dengan bentuk bulatnya, parasut ini punya berat hanya sekitar 1 kg. Meski tergantung ukurannya.


Cukup berbeda dari bentuk parachute SQ Pro Angel. Mengenai sertifikasi EN, prosedurnya sendiri menguji setiap parasut dalam situasi paralayang yang nyata, antara lain:

  • Uji tingkatan tenggelam atau penurunan, sertifikasinya juga bersama pilot.

  • Stabilitas dalam pemakaian.

  • Lama waktu pembukaan parasut.

  • Waktu yang parasut perlukan sampai bisa menyebar.

  • Uji beban yang bisa ditampung parasut juga termasuk. Mulai dari bobot minimal sampai dengan maksimalnya, dalam situasi terjun bebas pada ketinggian 40 meter.


Berdasarkan semua ujian tersebut, Sky Lite XL yang bisa Anda dapatkan melalui https://www.funfly.id/ lulus semua tuntutan prosedur sebagai sky reserve parachute yang memadai. Bukan hanya tersertifikasi EN, ada pula sertifikat LTF yang parasut ini miliki.


Alasan Pentingnya Sky Reserve Parachute


Parasut cadangan SKY LITE XL RESERVE PARACHUTE

Sky reserve parachute menjadi penting, karena berkaitan dengan standar keamanan. Alasan-alasan lainnya yang juga berkaitan dengan keamanan yaitu:

  • Jarang atau sering, ahli maupun amatir, pemula hingga profesional pasti pernah melakukan kesalahan atau mengalami situasi tidak terduga. Bila situasi tersebut berupa kegagalan membuka parasut utama dalam penerbangan, maka parasut cadangan mutlak perlu.

  • Kondisi cuaca yang tiba-tiba dapat berubah sewaktu-waktu juga dapat mengganggu parasut dan memengaruhi penerbangan. Pada situasi semacam inilah perlu adanya cadangan.

  • Langit bukanlah area milik Anda sendiri. Jadi pasti ada beragam hal lain yang beterbangan juga bersama Anda. Mungkin jauh, tetapi bisa juga seketika mendekat. Boleh jadi itu adalah pilot lain, burung-burung kecil hingga besar, bahkan drone.

  • Membawa serta cadangan bersama Anda selama terbang juga membantu Anda bisa tetap fokus mengendalikan paralayang, paramotor, atau paraglider. Tingkat ketakutan ketika terjadi goncangan atau turbulensi dapat berkurang dengan adanya peralatan cadangan.


Keuntungan Parasut Cadangan SKY LITE XL RESERVE PARACHUTE


Sebagai parasut cadangan, ada beberapa kualifikasi yang Sky Lite miliki dan menguntungkan Anda, antara lain:

  • Punya berat yang tergolong sangat ringan.

  • Waktu pembukaannya sangat cepat

  • Bentuknya bulat. Klasik, tetapi pengemasannya menjadi mudah.

  • Menggunakan bahan dengan kualitas tinggi dalam pembuatannya.


Kecuali dari bentuk, Sky Lite XL pada dasarnya tidak banyak memiliki perbedaan dari parachute SQ atau parachute SQ Pro.


Spesifikasi Teknis Sky Lite

Tipe

M

L

XL

BI

Luas permukaan (m2)

20,6

24,5

29,1

55,9

Jumlah panel

14

16

18

20

Berat maksimal penerbangan (kg)

80

95

115

210

Muatan minimal (kg)

60

71

86

158

Maksud dari muatan minimal adalah berat pilot yang sudah lengkap dengan peralatannya, tetapi tanpa paraglider.


Bahan dan Material Sky Lite


Pembuatan sky reserve parachute Sky Lite menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, yaitu:

Tipe

Sky Lite

Sky Lite BI

Jenis Kanopi

Nylon 6,6/22 dTex HT

Nylon 6,6/22 dTex HT

Model Lines

Edelrid 6798-100

Lanex PA 2/16

Ukuran Risers

Dyneema/PAD 13 mm

Dyneema/PAD 13 mm


Kisaran Harga Sky Lite XL


Penjualan parasut cadangan SKY LITE XL RESERVE PARACHUTE pasti bukan hanya pada satu tempat saja. Bahkan tidak menutup kemungkinan ada pula yang menjual bekasnya. Namun, untuk produk barunya bisa Anda dapatkan dengan membelinya kira-kira seharga Rp162.400.


Anda pun bisa sekalian mengetahui harganya saat melihat-lihat paramotor price. Selain itu, harga parasut juga berada dalam satu tempat, ketika Anda mencari parachute pants, sky crux harness, maupun sky harness.


Waktu yang Tepat Mengembangkan Parasut Cadangan


Melihat betapa penting peran dari sebuah parasut cadangan dalam penerbangan, kapan saat yang paling tepat bagi seorang pilot untuk menggunakannya?

  • Ketika pilot terjerat dalam tabrakan saat mengudara, maka lemparkan parasut cadangannya. Lebih baik lagi bila kedua pilot sama-sama melempar, agar mengurangi risiko downplane.

  • Ketika sayap mengalami kerusakan pada strukturnya, sehingga mengakibatkan tidak aman untuk terbang.

  • Ketika Anda berada dalam situasi yang tidak dapat Anda perbaiki hingga normal kembali.

  • Ketika Anda berada dalam situasi tekanan gravitasi yang tinggi (high-G) yang mana berisiko menyebabkan Anda pingsan.


Bila Anda menyukai desain bulat yang klasik alih-alih persegi yang modern, maka pilihannya adalah parasut cadangan SKY LITE XL RESERVE PARACHUTE. Anda bisa mendapatkan produk ini melalui https://www.funfly.id/, sekaligus mengetahui harga terbaru serta produk-produk lainnya.

4 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page