top of page

Wisata Paralayang Sembalun, Keindahan Alam Rinjani Tiada Tara

Paralayang Sembalun bisa menjadi salah satu pilihan lokasi bagi Anda yang ingin menjajal olahraga terbang paralayang. Pada mulanya, area wisata ini tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi tempat wisata paralayang seperti seperti ini.


Namun, pada tahun 2016 setelah beberapa orang di kawasan ini belajar paralayang dan mendapatkan kartu lisensi. Kawasan wisata ini semakin dikenal dan akhirnya menjadi salah satu spot wisata paralayang yang terkenal di Indonesia.


Apalagi, dengan banyaknya pilihan spot dengan pemandangan alam Gunung Rinjani dan sekitarnya. Membuat banyak penerbang dari yang profesional sampai yang pemula sangat tertarik untuk menjajal langit di atas Gunung Rinjani ini.


paralayang sembalun

Lokasi Paralayang Sembalun

Sesuai dengan namanya, lokasi wisata ini berada di Desa Sembalun. Tepatnya di Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Untuk mencapai lokasi ini bisa dibilang tidak mudah, karena akses yang masih sedikit dan medan pun masih terbilang sulit.


Namun, bagi Anda yang tertarik tidak perlu terlalu khawatir. Jika Anda menggunakan penyedia jasa atau pendamping. Maka, Anda akan mendapatkan fasilitas penjemputan. Bahkan, Anda bisa dijemput di lokasi penginapan masing-masing. Jadi, Anda tidak perlu repot lagi untuk menuju titik terbang.


Harga Aktivitas dan Jam Operasional

Harga untuk aktivitas terbang di Desa Sembalun ini sangat bervariasi karena ada banyak pilihan titik terbang yang menjadi opsi. Hal ini juga bergantung dengan penyedia jasa yang Anda pilih untuk terbang di kawasan ini.


Namun, harga aktivitasnya sendiri mulai dari Rp550.000 sampai dengan Rp2.000.000. Jadi, akan lebih mudah Anda menyesuaikan budget dan memilih lokasi yang pas dengan alokasi biaya.


Spot Terbang di  Paralayang Sembalun

Tidak hanya satu, Anda yang ingin terbang paralayang di kawasan ini akan memiliki 4 pilihan titik terbang. Mulai dari Bukit Lawang, Bukit Telaga, Bukit Pergasingan, dan Gunung Rinjani. Jika Anda memilih lokasi seperti Bukit Telaga dan Bukit Pergasingan.


Maka, Anda bisa mendapatkan pemandangan kawasan persawahan Desa Sembalun yang cantik. Jika Anda, memilih lokasi terbang seperti Gunung RInjani, maka Anda akan terbang di kawasan pegunungan di jalur menuju puncak Gunung Rinjani.


Tentu saja, pemandangan di kawasan ini sangatlah luar biasa. Anda bisa melihat mulai dari vegetasi hutan Gunung Rinjani yang kaya, Danau Segara, Sabana, bahkan sampai laut sampai kembali ke Desa Sembalun.


Tips Terbang di Paralayang Sembalun

Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba aktivitas paralayang apalagi di daerah Sembalun. Ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan dan ketahui. Dengan memenuhi beberapa kriteria ini bisa membantu aktivitas Anda lebih lancar.


Berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda. Jika Anda ingin terbang di wisata Paralayang di Desa Sembalun:


1. Pilih Lokasi Terlebih Dahulu

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kawasan paralayang ini memiliki beberapa pilihan spot terbang. Dengan masing-masing spot memiliki kelebihannya masing-masing. Sebelum Anda sampai ke Paralayang Sembalun, lebih baik Anda memilih dan memastikan lokasi terbang terlebih dahulu.


Dengan begitu, Anda tidak kebingungan memilih ketika sudah sampai di Sembalun. Memilih lokasi lebih dulu, juga bisa membantu Anda mendapatkan slot lebih awal. Karena waktu tidak terbuang ketika Anda ingin memilih.


2. Bawa Jaket dan Pakaian Tebal

Desa Sembalun merupakan kawasan pegunungan dengan suhu rendah dan dingin. Jadi, wajib bagi Anda untuk membawa jaket dan pakaian tebal ekstra. Apalagi, jika Anda ingin terbang paralayang, Anda wajib menggunakan pakaian yang bisa melindungi Anda dari hawa dingin.


Pakaian yang tebal dan hangat tidak hanya menjaga tubuh Anda agar tidak kedinginan saja. Namun juga, menjaga Anda dari terpaan angin selama terbang dengan paralayang.


3. Gunakan Sepatu yang Sesuai

Jika ingin terbang paralayang, disarankan bagi Anda untuk menggunakan sepatu olahraga. Dengan begitu, kaki Anda akan lebih terlindungi dan tertutup di semua bagian. Tidak hanya itu, pastikan untuk menggunakan sepatu dengan sol yang tebal.


Lebih disarankan jika tinggi sepatu yang Anda gunakan sampai ke bagian mata kaki. Sepatu ini akan melindungi Anda ketika berlari ketika take off maupun landing. Sepatu dengan sol tebal dan tinggi juga bisa melindungi Anda dari cidera jika misalnya tersandung ketika berlari.


4. Buat Reservasi Ketika Musim Kemarau

Olahraga paralayang merupakan olahraga yang sangat bergantung pada musim dan angin. Waktu yang paling tepat untuk terbang di kawasan ini adalah pada musim kemarau. Karena pada musim ini kemungkinan angin kencang, cuaca buruk, dan berbagai kendala lainnya sangat kecil.


Paralayang di Puncak Sembalun Bersama Funfly


Wujudkan pengalaman terbang Anda di Sembalun bersama Funfly. Anda bisa segera melakukan reservasi paralayang Sembalun dan informasi selengkapnya di website www.funfly.com. Berbagai paket dan layanannya bisa membantu Anda untuk terbang paralayang.

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page