top of page

Paralayang Puncak Buka Jam Berapa, Ya?

Puncak merupakan salah satu daerah wisata tujuan para penerbang paralayang di Indonesia. Pasalnya, wilayah ini dekat dengan area ibukota dan lokasi yang cukup ideal untuk paralayang. Namun, kira-kira paralayang puncak buka jam berapa setiap harinya?


Sebelum mengetahui tentang informasi ini, Anda bisa menyimak sedikit penjelasan tentang daerah puncak dan wisata paralayangnya.


Puncak dan Paralayang

Paralayang merupakan sebutan bagi sebuah olahraga udara yang mana setiap penerbang atau pilot melakukan terbang bebas dengan menggunakan parasut dari suatu ketinggian yang nantinya akan mendarat di suatu tempat yang lapang.


Paralayang sangat membutuhkan daerah dataran tinggi sebagai lokasi take off dan arah angin yang jelas dan cukup kuat untuk membawa parasut dan penerbang. Oleh karena itu, daerah seperti wilayah Puncak Bogor menjadi primadona dan tujuan banyak penerbang paralayang.


Daerah Puncak  merupakan sebuah kecamatan yang berada di kabupaten Bogor Jawa Barat. Topografi dari wilayah ini merupakan pegunungan hijau dan perbukitan yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kegiatan perkebunan dan wisata alam.


Dengan topografi yang cocok, udara bersih menyegarkan, dan angin yang cukup kencang, Puncak menjadi lokasi yang cocok untuk olahraga udara paralayang. 


paralayang puncak buka jam berapa

Paralayang Puncak Buka Jam Berapa Setiap Harinya?

Ada beberapa lokasi paralayang yang bisa Anda tuju saat berkunjung ke Puncak Bogor. Ada ada Indonesia Fly Paragliding, Gantole Paralayang Puncak, Paralayang Puncak, dan masih banyak lokasi lain. 


Beberapa spot paralayang juga mematok harga yang sama untuk sekali terbang. Biaya yang harus Anda bayarkan biasanya mulai dari Rp300.000 hingga Rp500.000. biaya ini merupakan akumulasi dari biaya sewa peralatan, petugas khusus, dokumentasi, bahkan asuransi penerbangan.


Kebanyakan dari beberapa tempat tersebut buka dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 05.00 sore. Walaupun begitu, ada pula tempat paralayang yang sudah buka sejak pukul 06.00 pagi. Anda bisa memilih tempat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.


Faktor Pengaruh Penerbangan Paralayang Menentukan Jam Buka


Ada beberapa faktor yang menentukan atau mempengaruhi penerbangan paralayang yang juga berpengaruh pada jam buka tempat take off paralayang. Penjelasannya adalah sebagai berikut.


1. Arah dan Kecepatan Angin

Seperti yang kita tahu, olahraga paralayang merupakan olahraga terbang bebas menggunakan parasut yang mana penerbang atau pilot bergantung pada arah dan kecepatan angin. Oleh karena itu, angin menjadi faktor penentu yang utama.


Waktu yang paling baik untuk melakukan paralayang biasanya pagi hari dan siang hari menuju ke sore. Pasalnya, angin memiliki kecepatan yang maksimal pada waktu-waktu tersebut. Pemandangan yang bisa kita saksikan juga tentunya lebih jelas dan indah.


Selain memantau kecepatan dan arah angin sebelum terbang, penerbang juga harus selalu memantau angin saat di udara. Pemantauan ini biasanya menggunakan suatu alat khusus yang sudah terpasang di harness paralayang.


2. Cuaca yang Kadang Tidak Menentu

Faktor penentu paralayang puncak buka jam berapa yang selanjutnya adalah cuaca.

Jam buka area take off paralayang memanglah panjang. Sejak pagi hari hingga sore hari. Hal ini tentunya juga dipengaruhi oleh cuaca yang kadang tidak menentu. Ada kalanya, cuaca cerah pada pagi hari dan menjadi berkabut atau bahkan hujan di sore hari.


Walaupun mungkin banyak wisatawan yang telah datang sejak pagi dan ingin melakukan paralayang. Banyak penerbang paralayang yang menghabiskan waktu seharian sebelum melakukan penerbangan karena cuaca ini.


Namun apabila cuaca tidak mendukung, penerbangan paralayang tentunya tidak boleh dilakukan. Semua ini tentunya demi keselamatan para penerbang itu sendiri.


3. Sightseeing bagi Wisatawan Biasa

Faktor yang terakhir adalah biasanya tempat take off paralayang berupa bukit atau pegunungan yang memiliki pemandangan yang indah. Tempat ini tentunya tidak hanya digunakan untuk lepas landas saja, tetapi juga tempat wisata bagi wisatawan lain.


Wisatawan lainnya bisa melihat pemandangan yang indah dari ketinggian dan juga menyaksikan banyak penerbang paralayang melakukan olahraga tersebut. Karena ini pula, jam buka tempat wisata harus tetap panjang agar pengelola wisata juga mendapatkan pemasukan lain.


Untuk mengantisipasi wisatawan lain, pengelola wisata biasanya juga menyediakan fasilitas pendukung lainnya seperti banyak restoran, cafe, tempat parkir yang luas kamar mandi tempat ibadah, dan area oleh-oleh.


Bagi para penerbang paralayang, memiliki peralatan sendiri adalah suatu gas yang cepat atau lambat harus dipenuhi. Tentunya tidak mungkin bagi para penerbang untuk terus-terusan menyewa atau menggunakan peralatan dari tempat latihan.


Oleh karena itu, banyak penerbang paralayang membeli peralatan olahraga tersebut di funfly.id. Dengan garansi original dari beberapa brand ternama, perusahaan ini menawarkan berbagai peralatan paralayang yang tentunya berkualitas dan menjamin penerbangan Anda.


Pastikan Anda mengetahui tentang paralayang puncak buka jam berapa, datang sesuai dengan jam buka tersebut, dan menggunakan peralatan paralayang yang berkualitas dari funfly.id!


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commentaires


bottom of page