Paramotor merupakan salah satu sarana bagi siapa saja yang ingin melakukan olahraga dengan mengudara. Parajet paramotor adalah bagian dari alat-alat yang melengkapi satu set paramotor. Alat ini bahkan bagian terpenting dan krusial yang mempengaruhi bisa atau tidaknya Anda terbang.
Sebuah paramotor harus punya parajet yang bisa berfungsi dengan baik. Dalam https://www.funfly.id/, tersedia pilihan parajet dari beberapa variasi merk. Masing-masing memiliki keunggulan yang berbeda-beda, tetapi tetap berhubungan dengan kenyamanan pilot.
Mengenal Paramotor
Setidaknya ada dua tipe paramotor yang saat ini banyak orang-orang gunakan untuk mengudara. Tipe pertama mengandalkan roda agar Anda bisa meluncur, sedangkan tipe kedua menggunakan kaki langsung.
Pada tipe meluncur dengan kaki, bingkai sekaligus mesin jadi satu mengurung baling-baling. Kursi yang pilot duduki tersambung dengan gesper ke bagian belakangnya. Sementara itu, tipe peluncuran roda memiliki sebuah gerobak dengan roda 3 atau 4 dan kursi untuk pilot.
Parajet Paramotor
Parajet paramotor atau paramotor engine adalah bagian yang disebut juga sebagai mesin pendorong dalam mekanisme penerbangan paramotor. Alatnya sendiri tergolong ringkas dan mudah Anda bongkar-pasang beberapa menit saja. Pilot menggunakan mesin ini dan parasut untuk menentukan arah.
Mesin ini ada yang 80 cc dan ada yang 350 cc. Bahan bakarnya berupa minyak dan bensin campuran. Anda bisa menggunakan bahan bakar hingga sekitar 3,7 liter per jam. Meski tergantung pada bobot motor, efisiensi paraglider, kemahiran pilot, dan kondisi lingkungan.
Mesin paramotor yang biasa orang-orang pakai sebenarnya punya berat hingga 40 kg. Beratnya akan berkurang, seiring mesin yang beroperasi. Ketika mesinnya bekerja, beban berat dari mesin akan tergantikan dengan gaya dorong ke depan.
Ragam Produk Parajet Paramotor
Ada tiga jenis produk paramotor engine atau parajet yang banyak beredar di pasaran saat ini, yaitu:
1. Parajet Maverick
Parajet Maverick paramotor adalah parajet yang serba sempurna. Selain sederhana dan desainnya yang brilian, badan pesawatnya berbahan titanium yang kuat.
Rancangan kerangkanya ringan, tetapi padat. Ada lapisan Titanium Dioksida yang dapat menjaga kondisi parajet tidak berkarat atau mengalami korosi.
2. Parajet Zenith
Paramotor parajet Zenith punya desain yang unik dan bandel untuk kebutuhan petualangan. Desain yang inovatif dan bisa Anda bawa-bawa dengan mudah.
Bentuknya fungsional dan tanpa bagian yang sia-sia. Kesederhanaannya memudahkan Anda dalam merakit, mengganti komponen, maupun memperbaikinya.
3. Parajet Volution 3
Volution 3 terkenal akan ketangguhannya. Bagi pilot-pilot dengan berat badan yang besar, akan aman untuk menggunakan parajet ini.
Meski tampak solid dan berat, tetapi tetap bisa bermanuver dengan lincah dan dinamis. Anda masih bisa mengendalikannya dengan efisien, sekaligus aman dan nyaman.
Peningkatan Paramotor Engine
Mesin paramotor kini telah mengalami peningkatan kapasitas daripada dulu, antara 80 hingga 250 cc. Jadi mesin-mesin dari pesawat ultralight seperti Rotax 582 atau 912 bisa Anda gunakan untuk paramotor. Mesin yang bertambah besar mempengaruhi fungsi dari paramotor itu sendiri.
Saat ini, paramotor bukan hanya untuk menikmati pemandangan dari udara semata, atau terbang-terbang santai mengisi waktu luang. Paramotor akhirnya juga bisa berperan sebagai tandem bagi penerjun payung. Fungsi lainnya juga untuk drop kebutuhan logistik pada daerah-daerah tertentu.
Penggunaannya menjadi kian meluas. Melalui mesin dengan kapasitas yang lebih besar, beban muatan yang mampu paramotor bawa juga bertambah antara 100 sampai 125 kg. Ini belum termasuk berat pilot. Pilotnya sendiri juga mendapat keleluasaan yang lebih besar dan durasi lebih lama selama terbang.
Cara Terbang menurut Jenis-Jenis Paramotor
Jenis-jenis paramotor yang saat ini ada dan biasa orang-orang gunakan hanya dua, yakni gendong dan kendaraan beroda. Paramotor gendong menempatkan mesin dengan menggendongnya pada punggung pilot. Paramotor gendong mengandalkan pergerakan kaki untuk berlari ke depan dan lepas landas.
Biasa disebut pula sebagai foot launch. Setelah Anda menghidupkan mesin, kembangkan parasutnya. Baru setelah itu pilot melaju dengan kakinya dan mengudara. Sementara itu, jenis paramotor dengan kendaraan beroda juga punya sebutan lain, yakni paratrike.
Tempat mesin sudah pada kendaraan beroda. Jadi Anda tinggal duduk. Sesudah membentangkan parasut, nyalakan mesin, lalu tarik tuas gas yang ada pada kendaraan. Paratrike kemudian melaju pada landasan dan parasut pun terkembang, lalu Anda mengudara. Sebutannya adalah wheel launch.
Perawatan Parajet Paramotor
Sudah ada banyak tempat perawatan saat ini, baik untuk keseluruhan paramotor maupun terhadap mesin parajetnya. Meski pilot-pilot yang bisa melakukan perawatan sendiri juga banyak. Biasanya mereka mengacu pada buku petunjuk dari pabrik.
Salah satunya adalah melakukan penggantian busi setelah 25 jam penggunaan. Juga melakukan carbonize usai 50 jam penggunaan. Untuk baling-balingnya, selama tidak mengalami crash dengan apa pun, maka aman-aman saja dan cukup tahan. Lakukan saja pengecekan rutin untuk mengamati.
Parajet paramotor merupakan bagian yang harus mendapat perhatian paling banyak dalam keseluruhan paramotor. Karena kerja penerbangan Anda bergantung pada kualitas bagian ini. Anda bisa membeli parajet yang paling Anda butuhkan melalui Funfly, karena kami merupakan distributor resmi parajet Indonesia.
PT. FUNFLY DIRGANTARA INDONESIA
Distributor Resmi Produk Parasut Ozone Indonesia
Jl. Pluit Raya Kavling XII BLOK A.5 , Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, DKI JAKARTA, Indonesia, 14440
Jakarta Utara, DKI Jakarta
Hubungi Harry 085218818888
Website www.funfly.id
Komentar