top of page

6 Olahraga Udara yang Wajib Dicoba! Dijamin Seru dan Menyenangkan!

Diperbarui: 14 Mei 2023

Olahraga udara kini semakin populer seiring berjalannya waktu. Sesuai namanya, olahraga ini dilakukan di atas udara dengan peralatan tertentu. Ada banyak sekali variasi olahraga di udara yang bisa Anda coba.


Kebanyakan olahraga di udara memacu adrenalin dan membuat rasa senang tersendiri. Ini bisa membuat Anda serasa terbang. Dari atas sana, Anda juga bisa menikmati keindahan yang luar biasa.


Jenis Olahraga Udara



Meskipun terlihat mengerikan, olahraga di atas udara semakin populer. Jenisnya cukup beragam dan mulai dikenal orang-orang. Apa saja jenisnya?


1. Gantole


Gantole merupakan olahraga di udara menggunakan pesawat ringan tanpa motor. Biasanya, olahraga ini dilakukan di atas ketinggian di udara terbuka. Pilot akan berlari cepat bersama pesawatnya, kemudian lepas landas dari gunung atau bukit tertentu.


Setelah terangkat, olahraga ini mengandalkan massa udara supaya tetap berada di langit. Pesawat ini sifatnya ringan, sehingga mampu membuat pemain melayang di udara. Cara mengendalikannya juga sederhana, yakni dengan menggerakan badannya.


Gantole memang kerap dipandang berbahaya dan rumit. Namun, ternyata gantole hanya memberikan pelatihan sepuluh hari kepada pilotnya untuk terbang solo. Dengan bantuan material dan teknologi modern, para penerbang kini bisa naik lebih tinggi di atas laut.


2. Paralayang


Jenis olahraga selanjutnya adalah paralayang. Olahraga ini pertama kali ada di tahun 1950. Kemudian, pada tahun 1989, ada pertandingan paralayang pertama di Austria.


Alat utama dalam olahraga ini adalah parasut yang kuat. Saat ini, tersedia berbagai merek parasut yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Selain itu, penerbang juga membutuhkan dudukan nyaman agar bisa terbang dengan leluasa.


Landasan awal paralayang bervariasi, mulai dari bukit, pegunungan, hingga tebing tinggi. Olahraga paralayang akan membuat Anda merasakan keindahan alam yang sesungguhnya. Bila baru pertama kali terbang, bisa menggunakan parasut tandem agar lebih aman.


3. Paramotor


Selain gantole dan paralayang, ada juga olahraga paramotor. Istilah ini baru muncul pada tahun 1980, namun populer di Prancis sekitar tahun 1986. Tipe paramotor yang digunakan biasanya ada dua, yakni dengan peluncuran roda dan peluncuran kaki.


Untuk peluncuran roda sendiri terdiri dari kursi dengan 3 atau 4 roda. Sementara, peluncuran kaki memiliki bingkai yang menggabungkan mesin, baling-baling, dan harness.


Olahraga paramotor memang tampak mirip dengan paralayang, namun keduanya berbeda. Peralatan yang digunakan dalam paramotor jauh lebih berat. Penerbang juga dituntut lebih kuat karena kendali sayapnya terbilang sulit.


Sebelum mencoba olahraga ini, perlu pengetahuan yang cukup seputar teknik saat lepas landas dan mendapat. Selain itu, perlu pelatihan khusus agar bisa mendapat sertifikasi izin terbang yang legal.


4. Base Jumping


Olahraga udara selanjutnya adalah base jumping. Olahraga ini mengharuskan Anda untuk melompat dari atas jembatan, bangunan tinggi, ataupun tebing. Alat utama dalam base jumping adalah parasut.


Perlu perhitungan yang matang sebelum akhirnya parasut dibuka. Olahraga base jumping memang sangat memacu adrenalin, sehingga membutuhkan keberanian tingkat tinggi.


5. Terjun Payung


Pada zaman dahulu, terjun payung merupakan aktivitas yang diperuntukkan bagi anggota militer saja. Ini menjadi bagian dari pelatihan ketika harus menjatuhkan diri dari pesawat.


Kemudian, pamor terjun payung naik sejak menjadi pertandingan di tahun 1931. Tahun 1952, terjun payung resmi menjadi salah satu cabang olahraga internasional.


Sebelum memulai terjun payung, tentunya Anda harus memastikan bahwa Anda tidak takut terhadap ketinggian. Selain itu, penerjun payung juga perlu mengantongi lisensi khusus. Pastikan perlengkapan yang digunakan berfungsi dengan baik, mulai dari helm hingga parasut.


Setelah melakukan persiapan, Anda bisa langsung mulai terjun payung. Olahraga ini dilakukan dengan terjun dari pesawat kecil yang berhenti di ketinggian tertentu. Umumnya, ketinggian yang digunakan adalah 4000 meter, lalu membuka parasut di ketinggian 800 meter.


6. Balooning


Sesuai namanya, olahraga ini memanfaatkan balon udara sebagai alat utamanya. Balon udara sendiri merupakan sejenis pesawat terbang yang dipompa dengan udara. Balon nantinya akan mengambang di udara berkat daya apungnya.


Dahulu, udara yang dipompa berisi hidrogen. Namun, karena resiko meledaknya cukup tinggi, maka bahan bakarnya diganti menjadi helium.


Olahraga satu ini sangat cocok untuk dilakukan di pagi hari untuk meminimalisir resiko balon terkena panas. Saat mencoba olahraga ini, pastikan Anda telah mengecek cuaca, suhu udara, dan kecepatan anginnya. Selain itu, pakai baju olahraga serta sepatu yang nyaman.


Manfaat Olahraga Udara


Tentu saja setiap olahraga memiliki manfaatnya tersendiri. Olahraga yang dilakukan di udara memiliki beberapa manfaat, seperti:


  1. Meningkatkan kesehatan jantung karena terus berpacu

  2. Menjaga daya tahan tubuh

  3. Menghilangkan stress dan beban pikiran serta membuat perasaan lebih bahagia

  4. Meningkatkan keseimbangan tubuh

  5. Membantu menjaga kondisi tubuh agar tetap proporsional

  6. Menguatkan otot tubuh bagian atas

  7. Membantu mengatasi rasa takut

  8. Meningkatkan kesadaran dan kepedulian akan alam


Olahraga udara memang cukup banyak jenisnya. Manfaatnya juga beragam bagi kesehatan fisik dan mental. Untuk menunjang kegiatan paralayang dan paramotor, Anda bisa membeli perlengkapan olahraga udara di www.funfly.id. Tersedia beragam alat canggih dengan kualitas mumpuni.

0 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page