top of page

Mengenal Jenis Parasut Paralayang dan Perbedaan Dalam Penggunaannya

Tidak banyak orang yang tahu kecuali yang sudah lama menggeluti bidang olahraga paralayang. Bahwa ada jenis parasut paralayang yang berbeda dengan tujuan penggunaan yang berbeda. Sebagai orang awam, mungkin Anda menganggap semua parasut sama saja dan tidak ada jenis yang berbeda.


Padahal, setiap kebutuhan terbang seseorang berbeda-beda. Bahkan, tujuan untuk melakukan penerbangan paralayang pun berbeda-beda. Jadi, bukan hal yang mengherankan jika ada banyak jenis parasut untuk paralayang.


Walaupun ada banyak jenisnya, namun secara umum hanya ada 3 jenis parasut saja di dunia paralayang. Parasut standar untuk para pemula, parasut performance untuk para profesional, ada pula parasut yang dikhususkan untuk kompetisi.


Tentang Parasut Paralayang


Sebelum mengetahui jenis parasut paralayang, tidak ada salahnya untuk memahami apa itu parasut sendiri. Walaupun umum diketahui oleh masyarakat luas, namun tidak banyak orang yang benar-benar memahami apa yang dimaksud dengan parasut itu sendiri.


Anda pun mungkin memahami parasut hanya sebatas sebagai bagian dari perangkat untuk terbang paralayang atau paramotor. Secara istilah, parasut berasal dari Bahasa Perancis terdiri dari dua kosa kata yaitu ‘para’ yang memiliki arti ‘melindungi’.


Kemudian, ada kata ‘chute’ yang memiliki arti ‘jatuh’. Dari istilahnya saja, bisa diartikan parasut menjadi alat yang akan melindungi para penggunanya ketika terjatuh. Jadi, bisa dikatakan parasut adalah perangkat untuk melindungi para penggunanya agar semakin aman dalam melakukan pendaratan.


Cara kerja parasut sebenarnya cukup kompleks dan efektivitasnya bergantung pada jenis dan kemampuan para penggunanya. Namun, secara umum dengan adanya parasut maka gerak jatuh seseorang atau benda dapat diperlambat.


Karena ada gaya dorong ke atas yang mengurangi tarikan gravitasi ke bawah yang dialami oleh pengguna parasut. Dengan begitu, para pengguna bisa turun dengan kecepatan yang aman dan bisa dikendalikan.


3 Jenis Parasut Paralayang


jenis parasut paralayang

Seperti yang disebutkan sebelumnya, secara umum ada 3 jenis dari parasut paralayang. Jenis ini mulai dari standar untuk penggunaan pemula, performance untuk profesional, dan ada jenis yang dikhususkan untuk kompetisi.


Namun, karena desainnya dan bentuknya yang biasanya sama. Anda sebagai orang awam mungkin kesulitan untuk mengetahui perbedaannya. Berikut adalah penjelasan selengkapnya mengenai ketiga jenis parasut olahraga paralayang ini:


1. Parasut Standar untuk Para Pemula


Jenis pertama dan cukup banyak digunakan adalah jenis standar yang penggunaannya ditujukan untuk para pemula. Jenis parasut satu ini biasanya memiliki permukaan yang lebih lebar dan bentuk dome yang melengkung dalam.


Bahan yang digunakan biasanya kain nilon standar namun kuat untuk penggunaan jangka panjang. Parasut standar lebih biasanya lebih berfokus pada desain yang bisa melambatkan jatuh penggunanya dengan maksimal dan dengan bentuk yang tidak terlalu rumit.


Dengan begitu, para pemula pun bisa mengendalikan dan menggunakannya dengan lebih mudah dan efektif. Permukaannya yang luas menambah stabilitas dan juga mudah untuk menyesuaikan kecepatan untuk turun.


2. Parasut Performance untuk Para Profesional


Berbeda dengan parasut standar, desain dan bentuk parasut performance lebih spesifik untuk kebutuhan gerakan yang khusus. Mekanisme penggunaannya pun lebih rumit karena memang untuk memungkinan bagi para profesional melakukan gerakan yang kompleks di udara.


Luas permukaan biasanya lebih kecil daripada parasut standar, karena kecepatan turun juga dibutuhkan untuk pertunjukan paralayang. Desain parasut performance juga biasanya dibuat lebih menonjol dengan warna-warna dan gambar yang cerah dan sesuai dengan tema pertunjukkan.


Warna cerah membuat parasut lebih mencolok di udara dan lebih bagus untuk pertunjukan. Karena pengendaliannya yang lebih sulit. Penggunaan parasut ini sangat tidak dianjurkan untuk paralayang biasa selain untuk performance.


3. Parasut Kompetisi untuk Para Atlet


Paralayang sudah menjadi olahraga resmi dengan berbagai kompetisi resmi di dunia. Menggunakan parasut standar atau parasut performance tentu saja kurang memadai untuk mencapai kemenangan. Karena itu, diperlukan parasut khusus yang didesain untuk kebutuhan kompetisi.


Karena itu, dibuatlah kategori parasut paralayang khusus untuk kompetisi. Parasut jenis satu ini biasanya dilengkapi teknologi dan desain paling mutakhir. Tentu saja, untuk menambah kecepatan dan keefektivitasan meraih kemenangan.


Luas permukaan parasut disesuaikan dengan area yang akan digunakan untuk kompetisi. Bahkan desain dan lingkungannya juga. Parasut ini juga dibuat dengan material terbaik karena seringkali digunakan di medan yang keras dan rawan kerusakan ketika kompetisi.


Namun, pembuatan parasut paralayang ini diatur dalam regulasi yang ketat. Hal ini untuk menghindari kecurangan atlet dengan menggunakan parasut yang bisa membuatnya lebih cepat atau memiliki fitur tertentu yang bisa dianggap menyalahi aturan.


Semua kebutuhan penerbangan ternyata memiliki jenis parasut paralayang sendiri. Semua jenis parasut yang Anda butuhkan bisa Anda dapatkan di https://www.funfly.id/parasut-utamasekarang juga. Untuk pengalaman terbang yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan.

44 tampilan0 komentar

Comentarios


bottom of page