top of page

Jalan Menuju Paralayang Puncak Bogor dari Jakarta dan Bandung

Wahana paralayang di kawasan Puncak-Bogor termasuk salah satu destinasi wisata populer yang banyak dikunjungi wisatawan. Namun, masih ada beberapa orang yang bingung di mana lokasi dan rute jalan menuju paralayang Puncak. Baik itu menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.


Paralayang Puncak merupakan objek wisata alam yang menawarkan layanan wahana paralayang di atas ketinggian 800-1200 mdpl. Lokasinya berada di kawasan Gunung Mas atau biasa dikenal dengan sebutan Bukit Paralayang atau Bukit Gantole. Simak alamat selengkapnya berikut ini.


jalan menuju paralayang puncak

Alamat dan Jalan Menuju Paralayang Puncak Bogor

Destinasi wisata Paralayang Puncak Bogor beralamat di Jalan Raya Puncak KM 87 Puncak. Lokasi tersebut  berada di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Akses jalan menuju Bukit Paralayang tersebut termasuk mudah dilalui dari berbagai arah, di antaranya


1. Dari Pusat Kota Bogor

Jarak dari pusat Kota Bogor ke lokasi Bukit Paralayang Puncak Bogor sekitar 30 km. Waktu tempuhnya sekitar 40-60 menit menggunakan mobil atau motor. Berikut rute jalan yang bisa Anda ikuti.

  • Jika naik angkutan umum: Dari Stasiun kereta api Bogor, naik angkutan umum nomor 3 yang pergi ke arah Terminal Baranangsiang, lalu ganti angkutan ke Cisarua. Nanti melewati Masjid At-Ta'awun dan sekitar 300 meter kemudian, Anda bisa sampai di lokasi wisata.

  • Jika naik angkutan pribadi: Dari Jalan Raya Pajajaran Tegallega, ambil Jalan Tol Jagorawi, lalu ke Jalan Labuan Cianjur. Setelah itu, jalan ke arah Jalan Raya Puncak Gadog di Kecamatan Cisarua dan pergi menuju Bukit Paralayang di KM 87.

2. Dari Bandung

Rute jalan menuju paralayang Puncak berikutnya dari arah kota Bandung. Jaraknya sekitar 90 km dan memerlukan waktu tempuh kurang lebih 3 jam. Dari Kota Bandung, pergi ke arah Cimahi, lalu lewat tol Padaleunyi menuju ke arah Padalarang. Ikuti jalan hingga sampai di Nanggeleng, Cirahayu.


Setelah itu, lanjut ke arah Jalan Raya Cianjur Bandung dan pergi menuju Jalan Cibogo. Jika melihat percabangan, ambil Jalan Raya Cianjur Bandung, lalu ke arah Warpat. Ikuti petunjuk jalan hingga sampai di kawasan Bukit Paralayang yang berada di sebelah kiri jalan.


3. Dari Jakarta

Jarak dari pusat kota Jakarta menuju lokasi Paralayang Puncak Bogor juga berjarak sekitar 90 km dan dapat ditempuh dalam waktu 3 jam perjalanan. Anda bisa berangkat dari Jakarta dengan naik mobil, motor, atau transportasi umum.

  • Jika naik angkutan umum: bisa menggunakan kereta api dari Jakarta dan turun ke Stasiun Bogor. Kemudian, naik angkutan umum nomor 3 ke arah Terminal Baranangsiang dan ganti angkutan ke Cisarua, hingga sampai kawasan Bukit Paralayang.

  • Jika naik angkutan pribadi: ambil jalan melewati Tol Jagorawi dan nanti keluar di pintu Tol Ciawi. Setelah itu, lanjutkan jalan ke arah Puncak Bogor di Kecamatan Cisarua. Ikuti petunjuk jalan hingga sampai di kawasan Bukit Paralayang.

Tips Bermain Paralayang di Puncak Bogor

Setelah mengetahui rute jalan menuju paralayang Puncak, ketahui juga beberapa hal yang harus Anda siapkan sebelum bermain paralayang di sana. Mulai dari syarat naik, harga tiket masuk, waktu terbang dan kelengkapan yang harus dibawa.

  • Syarat naik paralayang: Pastikan Anda telah berusia minimal 18 tahun, memiliki berat badan 20-85 kg, serta dalam kondisi sehat jasmani dan rohani. Bebas dari penyakit jantung, epilepsi, masalah pernafasan, dan phobia ketinggian.

  • Harga tiket masuk: Siapkan tiket masuk wisata sekitar Rp15.000/ orang, serta biaya parkir Rp3000/ motor dan Rp5000/ mobil. Jika ingin sewa paralayang + tandem dengan pilot profesional, biayanya sekitar Rp450.000/ orang (untuk WNI) dan Rp550.000/ orang (untuk WNA).

  • Waktu terbang: Pilih waktu terbang sesuai jam buka objek wisata, yaitu antara Senin-Minggu pukul 08.00-17.00 WIB. Sebaiknya booking jauh-jauh hari supaya tidak mengantri. Pastikan Anda terbang saat cuaca cerah, tidak hujan, dan kecepatan angin tidak melebihi 20 km/ jam.

  • Perlengkapan yang harus dibawa: Pakai baju santai, jaket, serta sepatu yang dapat melindungi seluruh bagian telapak kaki. Gunakan semua alat pelindung diri yang diberikan oleh petugas, seperti helm, seat harness, dan sebagainya.

Rasakan Keseruan Paralayang Puncak Sekarang Juga!

Bermain paralayang bisa menjadi alternatif kegiatan seru untuk mengisi liburan. Namun, tetap ingat kalau paralayang termasuk olahraga ekstrem yang butuh latihan dan berbagai perlengkapan pengaman. Karena itulah, para pemula paralayang wajib tandem didampingi oleh pilot profesional.


Supaya ke depannya Anda bisa naik paralayang sendiri, cobalah daftar kursus paralayang bersama instruktur profesional di Funfly Dirgantara Nusantara. Proses pembelajarannya seru, fasilitas lengkap, dan pastinya berpeluang meraih lisensi paralayang resmi setelah berhasil mengikuti ujian.


Cek www.funfly.id untuk mendaftar kursus dan berkonsultasi lebih lanjut. Di website tersebut Anda juga dapat berbelanja berbagai peralatan terbang berkualitas yang bisa Anda pakai saat ke Puncak Bogor. Jadi, biar bisa langsung healing mengikuti informasi rute jalan menuju paralayang Puncak di atas.

Opmerkingen


bottom of page