top of page

Info Terlengkap & Terbaru Wisata Paralayang Batu

Butuh tempat liburan seru dan menyenangkan? Jika iya, Wisata Paralayang Batu bisa masuk list tempat liburan Anda. Wisata di Kota Apel ini termasuk dalam jajaran wisata favorit dan terkenal di Batu. Cocok untuk Anda yang ingin merasakan suasana alam pegunungan yang sejuk dan asri.


Seperti namanya, wisata ini terkenal dengan spot ikoniknya, yaitu paralayang. Tak heran banyak penerbang yang datang untuk terbang dari wisata paralayang. Simak info lengkap terkait lokasi, jam buka, harga wisata paralayang, berikut spot dan fasilitas di Paralayang Batu.


Alamat Wisata Paralayang Batu

Wisata Paralayang ini seringkali disebut sebagai Paralayang Batu, Malang. Jadi, wisata ini berada di Batu atau Malang? Ataukah sama saja? Sebenarnya, Wisata Paralayang berada di Kota Batu yang sejak 2001 telah resmi berpisah dari Malang Raya.


Namun, penyebutan 'Paralayang Batu, Malang" hingga kini masih melekat bagi wisatawan. Menurut Google Maps, lokasi Paralayang Batu yaitu, berada di Jalan Brigjen Abd Manan Wijaya no.186, Maron, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.


Penyebutannya masih 'Kabupaten Malang', memang sebelumnya Batu merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Malang. Mengikuti perkembangan Batu yang pesat, kini wisata ini berada di Kota Batu yang telah resmi menjadi kota otonom. Jaraknya dari pusat Kota Malang sekitar 27 km.



Wisata Paralayang Batu


Harga Tiket Masuk & Jam Buka Paralayang

HTM Paralayang 20 ribu rupiah per orang, harga tersebut diluar biaya fasilitas lain, seperti paralayang. Anda bisa datang pagi atau siang untuk menikmati keindahan Kota Batu dan Malang. Apakah buka malam hari? Wisata Paralayang ini buka 24 jam penuh. Jadi, Anda bebas datang jam berapapun.


Lantas, lebih baik pagi atau malam? Sore hingga malam memungkinkan Anda untuk mendapatkan pemandangan senja dan city light Kota Batu yang menakjubkan. Wisata ini berada pada ketinggian sekitar 1.315 meter, tak heran jika udaranya sejuk dan dingin, terlebih ketika malam.


Jadi, jika Anda tidak tahan udara dingin, gunakan pakaian hangat. Pagi dan siang tetap dingin, tetapi Anda masih dapat sedikit paparan hangat dari sinar matahari. Memasuki bulan-bulan musim hujan, wisata ini juga akan semakin dingin dan berkabut. Jadi, menurut Anda mana yang lebih baik?


Fasilitas Wisata Paralayang Batu

Fasilitas di Wisata Paralayang sama seperti wisata lain, tersedia tempat parkir yang luas untuk mobil dan sepeda motor, lengkap dengan penitipan helm. Biaya parkir sekitar 5 ribu rupiah. Selain itu, tersedia beberapa toilet, mushola, serta jasa fotografer hingga cetak foto.


Tersedia pula beberapa warung atau cafe yang menjual makanan utama, snack, dan minuman. Namun, Anda masih boleh membawa makanan Anda sendiri. Selain fasilitas umum tersebut, paralayang menyediakan beberapa spot ikonik, apa saja?


Spot Ikonik Wisata Paralayang Batu

Sebenarnya, Anda juga bisa bersantai saja. Bersantai dimana? Anda bisa memilih banyak area, Wisata Paralayang menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa. Jadi, Anda bisa duduk dimanapun, khususnya di sekitar area penerbang paralayang.


Namun, jika Anda berminat menikmati spot lain yang seru dan menantang, Anda bisa mencoba diantara 4 spot ikonik Paralayang Batu, seperti Omah Kayu, Taman Langit, area untuk outbound, dan yang paling ikonik adalah paralayang.


1. Omah Kayu

Anda bisa dapat foto estetik dengan foto di balkon Omah Kayu lengkap dengan background hutan pinus dan lereng gunung yang indah. HTM masuk spot ini berbeda dengan Paralayang, Anda perlu membayar lagi sekitar 10 ribu rupiah.


Agar aman, Omah kayu juga menetapkan batasan jumlah orang dan durasi berada di Omah Kayu. Selain itu, Anda juga bisa menginap di Omah Kayu, area foto dan penginapan berbeda. Jadi, Anda tak perlu khawatir akan terganggu.


2. Taman Langit

Sama dengan Omah Kayu, Anda juga perlu tambah HTM 10 ribu rupiah untuk masuk Taman Langit. Taman Langit adalah spot foto dengan taman, banyak tanaman-tanaman hijau, dan beberapa bunga yang cantik.


Selain itu, ada pula ornamen unik yang bisa jadi spot foto. Jika Anda datang malam hari, di sepanjang area Taman Langit dan spot-spot patung akan dihiasi lampu warna-warni yang tampak semakin menarik. Dari Taman Langit ini, Anda juga bisa melihat pemandangan indah Kota Batu dari ketinggian.


3. Paralayang

Paralayang adalah spot unggulan. Paralayang menyediakan fasilitas terbang tandem atau berdua sekitar 5-10 menit bersama penerbang profesional dengan biaya terbaru sejak April 2023, yaitu 500 ribu rupiah, Anda bisa tambah 100 ribu rupiah jika tambah penjemputan dari penginapan.


Anda bisa melakukan paralayang kapanpun asalkan cuacanya sedang bagus. Sebelum terbang Anda harus melakukan registrasi dahulu pada pos yang berada di sekitar area masuk. Anda bisa terbang dengan peralatan paralayang tandem lengkap, helm, dan monopod.


Wisata Paralayang Batu memang menarik, khususnya untuk Anda pecinta olahraga paralayang. Berminat punya peralatan paralayang sendiri atau kursus terbang paralayang? Segera kunjungi www.funfly.id, Anda bisa belajar terbang bersama kami, serta dapat peralatan paralayang impian Anda.


2 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page