top of page

Mengapa Harga Kain Parasut Mahal? Ini Faktor yang Mempengaruhinya

Paralayang serta paragliding sudah pasti merupakan olahraga yang seru. Namun, termasuk olahraga yang cukup dalam merogoh kocek Anda. Salah satu alasannya karena harga kain parasut yang terasa semakin mahal dari waktu ke waktu.


Sebenarnya kurang tepat jika menganggap harga dari kain parasutlah yang naik atau menjadi mahal. Pada dasarnya, pemilihan parasut bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki saja. Ada banyak faktor saat membeli kain parasut untuk menentukannya.


Karena itu, sebelum mengeluh mengenai harga yang semakin mahal dari kain parasut. Sebaiknya, cari tahu dulu kira-kira faktor apa yang mempengaruhi besaran harga ini. Dengan begitu, bisa ditemukan jenis kain parasut yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.


Faktor yang Mempengaruhi Harga Kain Parasut


harga kain parasut

Seperti yang disebutkan di atas bahwa harga parasut dipengaruhi oleh berbagai hal dan faktor. Jadi, tidak selalu karena harganya yang mahal. Karena ada kualitas, pengembangan, dan jenis yang menjadi pertimbangan.


Jika hal-hal tersebut dipertimbangkan, bisa saja sebenarnya harga dari kain parasut tidak terlalu mahal atau malah cenderung murah. Karena memang harga akan mengikuti kualitas produk pula. Di pasaran, harga kain ini bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung kualitas yang ditawarkan.


Berikut adalah berbagai faktor yang bisa mempengaruhi harga dari kain parasut:


1. Faktor Bahan Baku yang Digunakan


Hal pertama yang mempengaruhi harga kain parasut sudah pasti adalah bahan baku yang digunakan. Seperti yang diketahui, parasut dibuat dari berbagai bahan dengan masing-masing sifatnya. Namu, bisa dikatakan bahan utama dari pembuatan parasut adalah benang polyester.


Semakin bagus kualitas benang yang digunakan jelas semakin mahal harga parasut ditawarkan. Apalagi, jika dikombinasikan dengan penggunaan bahan lainnya. Seperti rayon dan kapas untuk menambah dimensi dan meringankan parasut.


Pada dasarnya, benang polyester bukanlah bahan baku yang murah. Karena proses pembuatannya yang sulit dan memerlukan proses yang kompleks.


2. Faktor Musim pada Negara Pembuat Kain Parasut


Ternyata musim tidak hanya mempengaruhi olahraga paralayang dan paragliding saat penerbangan saja. Musim juga bisa mempengaruhi produksi dan bahkan harga parasut yang sudah jadi. Hal ini karena salah satu bahan pembuatan parasut yaitu kapas.


Tanaman kapas yang berkualitas baik tumbuh pada musim-musim kering. Perubahan musim yang mendadak dan iklim yang tidak stabil bisa mempengaruhi kualitas dari kapas. Belum lagi, jika ada gagal panen dari para petani kapas yang membuat bahan ini menjadi semakin langka.


Kapas adalah komponen penting dalam pembuatan kain parasut. Karena itu, jika kapas menjadi langka proses pembuatan parasut akan terhambat. Hal ini membuat harga dari peralatan ini menanjak.


3. Faktor Desain dan Inovasi


Faktor selanjutnya yang mempengaruhi harga kain parasut mahal adalah faktor desain dan inovasi yang ada. Para penggemar olahraga seperti paralayang dan paragliding pasti menyadari. Setiap hari selalu muncul produk parasut seri terbaru.


Tidak hanya sekedar baru saja, parasut ini juga memiliki desain yang mutakhir dan membawa inovasi baru. Bahkan, kadang memiliki keunggulan dan lebih baik dibandingkan dengan produk parasut yang sudah diluncurkan sebelumnya.


Inovasi dan perkembangan produk pada parasut pastinya membutuhkan penelitian yang tidak sebentar. Cukup banyak sumber daya yang dikerahkan untuk membuat inovasi dan teknologi baru pada produk parasut. Hal itulah yang membuat harga dari kain parasut bisa menjadi semakin mahal.


4. Faktor Energi yang Digunakan


Benang dan kain yang digunakan untuk membuat parasut dibuat di pabrik dan manufaktur yang masif. Untuk menjalankannya, pabrik membutuhkan sumber energi yang besar. Sebagian besar pabrik masih menggunakan bahan bakar fosil seperti minyak atau batu bara.


Hal tersebut yang membuat harga energi dan sumber daya alam juga berpengaruh pada harga dari parasut. Sebenarnya, tidak hanya berpengaruh pada parasut saja, bisa dikatakan berpengaruh pada harga kain dan item fashion secara keseluruhan.


Bukan hanya energi fosil, namun juga listrik dan berbagai sumber energi lainnya. Lonjakan ini bisa sangat signifikan mempengaruhi harga produk parasut.


5. Faktor Brand dan Merk


Parasut yang dijual dan diproduksi di bawah nama merk dan brand ternama, misalnya seperti Ozone, pasti memiliki nilainya sendiri. Hal ini juga yang bisa mempengaruhi harga dari kain untuk parasut, brand ini kadang menjadi salah satu jaminan dari kualitas produk parasut, walaupun tidak selalu.


Ada banyak produk parasut yang tidak diproduksi atau menggunakan label merk terkenal. Namun, kualitasnya sudah cukup bagus atau malah menyamai yang dari brand dan merk terkenal. Hal ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin harga parasut lebih murah.


Ternyata ada berbagai hal yang bisa mempengaruhi harga kain parasutdengan begitu, Anda bisa lebih baik menentukan parasut yang ideal untuk Anda. Temukan parasut sesuai budget dan kebutuhan di tempat kami, yakni Distributor Resmi Parasut Ozone dan juga merk lainnya

1 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page