top of page

Cari Tahu Syarat Usia Olahraga Paralayang Sebelum Terbang

Olahraga paralayang merupakan olahraga yang terbilang ekstrim di Indonesia. Karena itu, untuk melakukan olahraga ini adalah batas dan syarat usia olahraga paralayang yang menjadi kriteria dasar yang harus dipenuhi sebelum seseorang terbang. 


Untuk Anda yang ingin menjajal pengalaman terbang paralayang Anda untuk pertama kalinya, Anda harus memastikan info mengenai persyaratan usia ini terlebih dahulu. Karena persyaratan usia berbeda untuk beberapa kategori terbang. 


Bahkan, ada lokasi atau negara yang memiliki batas dan syarat usia yang berbeda. Namun, ada batasan usia yang secara umum harus Anda penuhi jika ingin menjajal pengalaman terbang ini. Berikut adalah informasi selengkapnya mengenai syarat usia pada olahraga paralayang ini. 


Syarat Usia Olahraga Paralayang Untuk Profesional atau Penerbang Solo 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, syarat usia terbang paralayang bisa berbeda. Hal ini bergantung dengan kategori terbangnya. Kategori pertama yang akan dibahas adalah untuk para penerbang solo atau para profesional.


syarat usia olahraga paralayang


Karena olahraga paralayang merupakan olahraga ekstrim, tidak sembarang orang bisa terbang solo atau terbang sendirian dengan paralayang. Hanya seseorang yang profesional saja yang bisa melakukan terbang solo. 


Untuk membuktikan tingkat keprofesionalan seseorang untuk terbang solo. Seseorang harus mengurus lisensi terbang. Mendapatkannya pun tidak mudah, karena harus melalui berbagai tes dan uji kelayakan terbang. 


Secara umum, untuk mendapatkan lisensi ini seseorang harus berusia minimal 14 tahun. Namun, pada beberapa daerah dan negara. Ada yang menerapkan bahwa seseorang minimal harus berusia 16 tahun baru bisa mendapatkan lisensi. 


Jadi, secara general syarat usia untuk kategori terbang solo atau profesional mulai dari 14 tahun sampai dengan 16 tahun. Seseorang yang lebih mudah dari syarat tersebut tidak boleh menjadi penerbang solo karena dipastikan tidak akan mendapatkan lisensi atau izin untuk terbang. 


Syarat Usia Untuk Penerbang Amatir atau Tandem 

Jika terbang solo hanya boleh dilakukan oleh seseorang yang memiliki lisensi. Apakah itu artinya para amatir atau orang biasa tidak bisa melakukan aktivitas terbang paralayang. Tentu saja tidak, bagi Anda yang masih amatir atau tidak punya pengalaman terbang sama sekali masih bisa mencoba.


Alternatifnya dengan melakukan terbang tandem, terbang tandem adalah terbang yang dilakukan berpasangan. Salah satunya, merupakan instruktur atau penerbang profesional yang sudah memiliki lisensi.


Syarat usia olahraga paralayang di kategori amatir atau terbang tandem ini bisa dibilang lebih ringan dibandingkan untuk kategori profesional. Karena selain Anda tidak perlu memiliki lisensi terbang seperti profesional.


Batas usia minimal untuk terbang tandem bisa mulai dari 5 tahun saja. Artinya, anak-anak pun bisa memiliki pengalaman terbang paralayang secara tandem. Namun, untuk beberapa lokasi misalnya yang cukup ekstrim diharapkan untuk terbang mulai dari usia 12 tahun saja.


Karena hal ini mempertimbangkan kemampuan fisik seseorang dalam menghadapi situasi di udara. Belum lagi, jika cuaca di langit tidak bersahabat dan menjadi lebih ekstrim.


Alasan Perlu Adanya Syarat Usia Dalam Terbang Paralayang 

Cukup masuk akal jika diterapkan batas syarat usia untuk penerbang profesional. Namun, mengapa batas dan syarat usia juga diperlukan dalam terbang tandem padahal sudah ditemani oleh profesional. Berikut adalah alasan lebih jelasnya:


1. Memenuhi Kebutuhan Fisik 

Olahraga paralayang memang terlihat santai dan menyenangkan, namun sebenarnya menuntut fisik dan mental yang kuat menghadapi ketinggian. Apalagi, jika penerbang dihadapkan dengan medan yang ekstrim dan cuaca yang tidak bersahabat.


Fisik tertentu biasanya hanya bisa didapatkan pada batas usia tertentu. Jadi, diterapkannya peraturan syarat usia ini untuk memastikan bahwa penerbang bahkan di kategori amatir pun memiliki fisik yang dapat memenuhi syarat.


2. Mencegah Sembarangan Orang Terbang 

Karena termasuk olahraga yang ekstrim, sudah seharusnya tidak sembarang orang melakukan olahraga terbang paralayang. Karena membutuhkan peralatan dan persyaratan tertentu untuk melakukannya.


Ada syarat usia ini, bisa memastikan bahwa tidak sembarangan orang bisa melakukan terbang paralayang. Terutama, dalam kategori profesional termasuk juga untuk melindungi kategori amatir dan terbang tandem. Dengan begitu keamanan olahraga ini dapat ditingkatkan dan lebih terjamin.


3. Menjaga Keamanan Penerbang 

Peraturan dalam olahraga paralayang tidak dibuat tanpa alasan. Tentu saja, alasan terbesarnya adalah menjaga keamanan penerbang itu sendiri. Syarat dan batas usia mungkin terkesan mengekang seseorang yang ingin memiliki pengalaman terbang.


Namun, alasan terbesarnya adalah agar seseorang bisa mendapatkan pengalaman terbang yang tidak hanya menyenangkan. Namun juga aman dan terjamin sehingga Anda tetap baik-baik saja mulai dari akan terbang sampai mendarat lagi ke tanah. 

Funfly sebagai penyedia jasa paralayang juga menerapkan syarat usia olahraga paralayang yang harus dipenuhi. Pastikan Anda mengecek informasi selengkapnya mengenai hal ini di website resmi www.funfly.com sekaligus melakukan pemesanan. 


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page