top of page

Tips Belajar Terbang dengan Paralayang, Pastikan Persiapan Matang

Olahraga paralayang dan sensasi terbang di udara membuat banyak orang yang tertarik untuk belajar terbang dengan paralayang. Namun, seperti yang diketahui secara luas, paralayang bukanlah olahraga yang bisa dilakukan begitu saja oleh orang yang awam.


Jika Anda memang tertarik untuk mempelajari terbang dengan paralayang. Maka, ada banyak hal yang perlu Anda siapkan. Mulai dari dana, keberanian, waktu, dan berbagai aspek lainnya. Berikut ini adalah penjelasan yang lebih lengkap jika Anda memang tertarik.


Hal yang Harus Disiapkan untuk Belajar Terbang


Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika Anda memang ingin belajar untuk terbang dengan paralayang. Hal yang perlu Anda siapkan tidaklah sedikit, bahkan terbilang cukup banyak. Anda pun harus mempersiapkan modal, kesehatan, dan waktu Anda.


Berikut adalah berbagai hal yang harus Anda siapkan terlebih dahulu. Jika Anda memang serius ingin mempelajari cara terbang paralayang.


1. Siapkan Tekad dan Mental


Seperti yang disebutkan sebelumnya, paralayang bukanlah olahraga yang mudah. Anda akan berhadapan dengan ketinggian dan kondisi alam di ketinggian. Anda harus benar-benar menyadari bahwa untuk melakukan olahraga dibutuhkan keberanian yang besar.


Anda juga perlu mental yang kuat jika ingin bertahan mempelajari cara terbang. Karena itu, belajar untuk terbang dengan paralayang harus dimulai dengan tekad dan mental yang kuat terlebih dahulu.


2. Cara Informasi Mengenai Sekolah Terbang Paralayang


Paralayang bukanlah olahraga yang bisa dilakukan sendiri dan begitu saja. Anda membutuhkan instruktur dan pengajar profesional untuk mempelajarinya. Sekarang ini ada banyak sekali penyedia jasa yang memberikan pelajaran terbang paralayang.


Anda bisa mengikuti kursus-kursus ini untuk mulai belajar terbang dengan paralayang. Selain akan mendapatkan instruktur. Anda juga bisa menyewa dan meminjam berbagai peralatan paralayang untuk belajar.


3. Siapkan Dana yang Cukup


Belajar paralayang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, mulai dari mengikuti instruktur. Sampai nanti memberi peralatan jika ingin memilikinya sendiri. Namun, Anda tenang saja selalu ada cara agar Anda bisa lebih hemat. Mulai dari meminjam peralatan sampai mengikuti kursus dengan harga terjangkau.


Tips Belajar Paralayang Bagi Para Pemula


belajar terbang

Pastinya sulit untuk mulai belajar terbang bagi para pemula, namun sebenarnya hobi ini sangat mungkin untuk ditekuni. Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin akan berguna bagi para pemula yang baru pertama kali belajar paralayang.


1. Pilih Sekolah Terbang yang Profesional dan Terpercaya


Hal pertama yang paling penting yang harus diperhatikan dalam menjalankan hobi ini adalah memilih sekolah terbang. Hal ini sangat vital, karena sekolah terbang yang akan menjadi pembimbing sekaligus penanggung jawab Anda selama belajar mengenai paralayang dan terbang dengan paralayang.


Karena itu, pastikan memiliki sekolah terbang yang memang terpercaya dan profesional di bidangnya. Carilah informasi sebanyak-banyaknya lebih dahulu sebelum memutuskan untuk masuk atau mengambil kursus yang mana.


2. Penuhi Persyaratan Belajar Terbang


Tidak semua orang bisa belajar untuk terbang dengan paralayang. Karena olahraga ini sangat menuntut fisik dan keberanian dari yang melakukan. Maka, Anda harus memenuhi syarat-syarat dasarnya terlebih dahulu sebelum bisa mulai belajar.


Biasanya, orang yang belajar haruslah minimal berusia 17 tahun. Namun, ada beberapa penyedia jasa yang membatasi umur hanya sampai 14 tahun saja. Jika Anda mengincar untuk mendapatkan lisensi terbang solo. Maka, Anda harus mempersiapkan diri untuk melewati berbagai ujian.


Selain itu, masalah kesehatan juga menjadi persyaratan penting. Dilarang untuk belajar jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu. Misalnya, phobia terhadap ketinggian, penyakit jantung, atau penyakit yang berhubungan dengan masalah pernafasan. Karena akan membahayakan tubuh Anda.


3. Mulai Dengan Terbang Tandem


Saat pertama kali terbang atau awal-awal memperoleh pelajaran tentang terbang. Tentu saja, Anda tidak boleh langsung terbang sendiri. Namun, bukan berarti juga Anda harus mempelajari dari tanah dan tidak memiliki kesempatan untuk terbang sama sekali.


Pada awal pelajaran, Anda biasanya akan diajak terbang secara tandem terlebih dahulu. Terbang tandem adalah penerbangan paralayang yang dilakukan oleh dua orang. Satu berperan sebagai pengemudi satu sebagai penumpang.


Terbang secara tandem juga merupakan bagian dari pelajaran karena biasanya pada saat terbang ini. Instruktur akan mempraktekan cara-cara terbang di udara dan mengendalikan paralayang. Walaupun sudah mendapatkan materi dan terbang secara tandem.


Anda lebih baik jangan terburu-buru ingin terbang solo terlebih dahulu. Pastikan Anda sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman dari terbang tandem yang cukup.


Itulah tips belajar terbang dengan paralayang berikut juga berbagai hal yang harus diperhatikan ketika melakukannya. Belajar paralayang bukanlah hal mudah, namun bukan tidak mungkin juga. Jika Anda memang tertarik, pelajari cara terbang bersama FunFly. Kami merupakan tempat jual perlengkapan paralayang, parasut dan lainnya. Hubungi kami di:


PT. FUNFLY DIRGANTARA INDONESIA

Distributor Resmi Produk Parasut Ozone Indonesia

Jl. Pluit Raya Kavling XII BLOK A.5 , Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, DKI JAKARTA, Indonesia, 14440

Jakarta Utara, DKI Jakarta

Hubungi Harry 085218818888


158 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page