top of page

Banyak Manfaat! Perhatikan 4 Persiapan Sebelum Belajar Paralayang


Paralayang merupakan salah satu jenis olahraga ekstrim yang cukup digilai anak muda era modern ini. Olahraga ini membutuhkan keberanian dan nyali yang cukup besar, karena Anda akan berada di atas ketinggian. Belajar paralayang juga harus bersama pengajar profesional agar keselamatan Anda tetap terjamin.


Persiapan Sebelum Belajar Paralayang


Dari kelihatannya saja, Anda pasti sudah tahu jika olahraga paralayang tidak mudah. Dibandingkan jenis olahraga lainnya, paralayang membutuhkan kemampuan khusus. Sebelum mempelajarinya, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut.


1. Persiapkan Mental


Paralayang adalah olahraga udara yang sangat ekstrim. Anda membutuhkan mental yang kuat dan keberanian tinggi untuk menjajal olahraga ini. Selain itu, pastikan Anda tidak fobia terhadap ketinggian.


Jangan sampai Anda mengalami panik saat terbang. Hal itu bisa membahayakan nyawa Anda. Maka dari itu, Anda harus tetap tenang dan menikmati momen paralayang dengan baik.


2. Perhatikan Cuaca


Melakukan olahraga paralayang tentu saja perlu mempertimbangkan cuaca. Biasanya, Anda akan diarahkan operator yang melakukan pertimbangan boleh melakukan paralayang atau menundanya terlebih dahulu. Anda bisa mempercayakan hal ini kepada para profesional.


Ingat, cuaca dan arah hembusan angin sangat penting untuk menunjang keselamatan Anda. Maka dari itu, jangan memaksa untuk terbang bila situasi memang tidak memungkinkan.



belajar paralayang


3. Gunakan Peralatan


Tentu saja Anda tidak mungkin terbang dengan tangan kosong. Anda membutuhkan peralatan untuk menjamin Anda terbang dengan selamat dan bisa kembali ke tempat semula. Informasi seputar peralatan paralayang ini bisa Anda temukan di internet.


Pastikan Anda memperhatikannya sampai ke detail-detail terkecil sekalipun, seperti pakaian maupun alas kaki. Jangan malu untuk aktif bertanya pada orang profesional yang pengalamannya sudah banyak.


Cari peralatan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Bukan hanya parasut, Anda juga harus memastikan seluruh peralatan keamanan. Peralatan paralayang terbaik bisa Anda temukan di www.funfly.id.


4. Pilih Paralayang Tandem


Bagi para pemula, mencoba paralayang tandem sangat disarankan. Paralayang tandem artinya Anda akan bersama dengan pemandi di belakang. Paralayang tandem jauh lebih aman karena Anda belum memiliki pengalaman terbang solo.


Anda akan terbang bersama pemandu profesional dengan lisensi yang siap menjaga Anda selama di atas. Bila Anda sudah mengikuti pelajaran cukup lama, barulah Anda boleh mencoba terbang sendiri. Paralayang solo sendiri membutuhkan izin khusus dan Anda harus mempersiapkan fisik dan mental terlebih dahulu.


Manfaat Paralayang


Banyak orang berpendapat bahwa paralayang adalah olahraga elite yang harganya mahal. Padahal, harga yang Anda bayarkan akan sangat sesuai dengan sejumlah manfaat yang Anda dapatkan. Berikut beberapa manfaat olahraga paralayang.


1. Melatih Keseimbangan


Ketika melakukan paralayang, otot panggul dan perut akan bekerja sama untuk memaksimalkan postur tubuh agar tetap dalam keadaan seimbang. Melakukan olahraga ini secara rutin bisa membantu Anda melatih keseimbangan. Otot tubuh juga akan semakin kuat, sehingga meminimalisir resiko terjadinya cedera ketika melakukan aktivitas sehari-hari.


2. Meredakan Stress


Beban pekerjaan dan kehidupan yang melelahkan tentunya membuat Anda membutuhkan healing. Nah, belajar paralayang bisa menjadi solusi yang tepat untuk meredakan stress.


Olahraga ini akan memberikan Anda perasaan bahagia ketika melihat keindahan alam dari atas sana. Uniknya lagi, Anda juga bisa lebih fokus dan merasa tenang.


Saat berada di atas ketinggian, adrenalin Anda akan terpacu. Hormon dopamin yang membawa kebahagiaan juga akan mengalir di sekujur tubuh Anda, sehingga bisa mengurangi distraksi akan kekhawatiran.


3. Membakar Kalori


Manfaat selanjutnya adalah bisa membakar kalori. Olahraga paralayang sebenarnya memiliki ketentuan berat badan tersendiri jika ingin mencobanya. Namun, ini bisa disesuaikan dengan peralatan yang digunakan.


Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, bisa melakukan olahraga paralayang setidaknya satu minggu dua kali. Dalam satu kali permainan, paralayang bisa membakar 230 kalori.


4. Adrenaline Rush


Pecinta olahraga beradrenalin pasti akan sangat mencoba olahraga ini. Respon tubuh Anda akan penuh antusiasme dan energi saat melakukan paralayang. Hormon adrenalin ini akan membuat detak jantung berfungsi lebih cepat daripada biasanya.


Tekanan darah Anda juga bisa naik dan menyebar ke seluruh tubuh secara aman, sehingga Anda semakin semangat menjalaninya. Menariknya lagi, sejumlah orang suka dengan sensasi ini dan rasanya seperti mengonsumsi obat-obatan tertentu.


5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri


Masalah percaya diri bisa menjadi boomerang bagi Anda. Apalagi, saat Anda terjun di dunia pekerjaan. Ternyata, Anda bisa meningkatkan percaya diri dengan olahraga paralayang.


Apalagi, jika awalnya Anda merasa takut mencoba olahraga ini. Saat Anda berhasil, Anda akan merasa bangga karena bisa mengalahkan rasa takut itu. Ketika berada di ketinggian, Anda juga bisa berpikir lebih positif.


Melihat banyaknya manfaat paralayang, Anda mungkin tertarik untuk mencoba olahraga yang satu ini. Sebelum itu, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik dan membeli atau menyewa sejumlah peralatan paralayang.


Jangan khawatir, Anda bisa mendapatkan berbagai kebutuhan paralayang di www.funfly.id. Kami merupakan tempat jual perlengkapan paralayang, tersedia aneka jenis parasut atau paramotor yang bisa Anda sesuaikan dengan selera. Harganya juga terjangkau, cocok bagi Anda yang baru belajar paralayang dan berniat menekuni olahraga ini.

14 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page