top of page

Tiga Faktor Penting Memaksimalkan Baling-Baling Pesawat Microlight

Baling-baling pesawat adalah bagian pesawat yang penting agar penerbangan menjadi lebih maksimal. Baling-baling harus dipilih sesuai dengan jenis pesawat, termasuk pesawat microlight. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui beberapa faktor agar baling-baling pesawat microlight dapat bekerja secara maksimal.


Sebelum menuju ke faktor penentu kecepatan baling-baling pada pesawat microlight, kita harus mengetahui lebih dahulu apa itu pesawat microlight.


Apa itu pesawat microlight?


Pesawat microlight adalah sebuah kendaraan modern yang ringan dan memiliki kapasitas yang kecil. Biasanya pesawat microlight hanya mampu membawa satu sampai dua penumpang saja.


Pesawat jenis ini juga memiliki berat pada kisaran ratusan kilogram. Juga hanya mampu membawa bahan bakar puluhan liter saja. Bentuknya juga lebih beragam dan relatif kecil sehingga hanya membutuhkan hanggar atau lokasi parkir yang tidak begitu luas.


Karena bentuknya yang mini, pesawat mikrolet juga memiliki bagian-bagian yang relatif kecil. Bagian-bagian pesawat ini lebih mudah untuk dirawat dan dimodifikasi. Salah satunya adalah bagian baling-baling pesawat jenis microlight.


Cara Kerja Baling-baling Pesawat Microlight



Baling-baling atau yang biasa disebut dengan propeller adalah sebuah bagian dalam pesawat yang mengubah putaran dari mesin menjadi kekuatan pendorong laju pesawat. Bila baling-baling biasanya melekat pada suatu poros yang terhubung pada mesin.


Setiap pesawat microlight biasanya mempunyai beberapa buah bilah propeller. Propeller ini biasanya ada di bagian depan belakang atau samping pesawat microlight.


Propeller menggunakan hukum Newton ketiga dalam cara kerjanya. Jika ada aksi maka akan ada reaksi dengan arah berlawanan. Baling-baling akan berputar sehingga angin yang ada di depan bergerak ke bagian belakang yang akan membuat pesawat bergerak ke depan.


Perlu digaris bawahi bahwa propeller bekerja bukan untuk menerbangkan pesawat. Pesawat bisa mengudara karena adanya gaya dorong, gaya hambat, gaya angkat, dan gaya gravitasi. Seluruh gaya bisa bisa muncul dan dimanfaatkan dengan baik karena adanya bagian-bagian pesawat lain.


Jadi, propeller bekerja bukan untuk menerbangkan pesawat, tetapi untuk meningkatkan kecepatan pesawat di udara. Agar pesawat bisa melaju dengan cepat di udara, baling-baling pesawat Microlight bisa bekerja maksimal dengan adanya tiga faktor utama:


  • Angle of Attack


Faktor yang pertama adalah Angle of attack. Angel of attack adalah sudut antara bila dan sudut udara akan dihasilkan. Semakin besar Angle of attack pada propeller maka semakin besar kemungkinan pesawat akan maju ke depan.


Angel of attack tidak boleh terlalu besar. Angel of attack yang terlalu besar akan beresiko tinggi untuk penerbangan. Oleh karena itu Angle of attack yang pas untuk baling-baling antara 2 sampai 4 derajat.


Hal ini juga tergantung pada jenis propeller yang digunakan pada penerbangan pesawat microlight. Jenis propeller yang tepat bisa membuat Angle of attack yang lebih optimal sehingga pesawat bisa melaju dengan lebih cepat ke depan.


  • Kecepatan Putar


Faktor yang kedua adalah kecepatan putar dari baling-baling. Kecepatan putar adalah berapa kali putaran yang bisa dihasilkan oleh propeller pada tiap menitnya. Kecepatan putar ini disebut dengan RPM.


Semakin cepat bilah-bilah pada baling-baling berputar maka semakin besar pula hembusan angin yang akan bergerak ke belakang. Oleh karena itu daya yang akan dihasilkan oleh propeller akan semakin besar pula yang membuat pesawat bergerak ke depan dengan lebih cepat.


  • Jumlah bilah propeller


Sebenarnya jumlah bila propeller tidak begitu menentukan kecepatan laju pesawat. Namun jumlah bila propeller ini akan menentukan efisiensi dari tenaga yang dikeluarkan oleh mesin yang akan berpengaruh pada RPM atau kecepatan putar.


Apabila suatu pesawat mikrolet memiliki banyak bilah baling-baling maka gaya dorong akan bertambah. Namun lebih banyak bilah baling-baling juga akan memberikan lebih banyak gaya hambat terhadap daya yang seharusnya dihasilkan oleh propeller yang menyebabkan penggunaan baling-baling kurang efisien.


Oleh karena itu teknisi ataupun milik pesawat harus menentukan titik optimal atau titik efisien dari jumlah baling-baling yang bisa digunakan. Walaupun tidak ada hubungannya dengan mesin tapi jumlah baling-baling akan berpengaruh pada performa pesawat.


Karena ada beberapa faktor tersebut, Anda harus memilih propeller yang sesuai dengan penerbangan yang Anda inginkan. Anda harus memilih dengan bijak jenis-jenis propeller yang bisa mengoptimalisasi kecepatan pesawat microlight.


Dimana Membeli Baling-Baling Pesawat Microlight?


Berbagai jenis baling-baling pada pesawat microlight bisa Anda dapatkan di tempat kami. Kami menyediakan ratusan jenis propeller. Kami merupakan distributor resmi dari berbagai merk terbaik sesuai kelasnya. Anda bisa memilih dengan leluasa propeller yang sesuai dengan kebutuhan pesawat.


Funfly juga memberikan kemudahan dalam memesan propeller dari seluruh dunia. Website tersedia dalam berbagai bahasa dan memiliki layout yang nyaman serta mudah dipahami.


Anda juga bisa menggunakan berbagai fitur jual beli yang membuat Anda bisa mendapatkan propeller dengan harga yang terbaik. Mulai dari berbagai diskon, uang muka minimal, hingga fitur penghitungan ongkos kirim.


Segera lengkapi penerbangan Anda dengan berbagai pilihan baling-baling pesawat microlight di Funfly.


2 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page