top of page

Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Bahan Bakar Paramotor

Membahas mengenai paramotor, tentu tidak lepas dari rasa penasaran mengenai bahan bakarnya. Kira-kira apa bahan bakar paramotor? Tentunya, memahami jenis bahan bakarnya adalah hal yang penting bagi pilot paramotor untuk bisa terbang dengan efisien.


Paramotor semakin digemari dari waktu ke waktu. Sebagaimana pesawat terbang, karena memiliki mesin, maka paramotor juga membutuhkan bahan bakar untuk bisa beroperasi. Kinerja dan keselamatan ketika terbang dengan paramotor dapat maksimal dengan memahami bahan bakarnya.


Apa Bahan Bakar Paramotor?


Bahan bakar paramotor merupakan komponen penting yang harus diperhatikan oleh setiap pilot paramotor. Ada beberapa jenis bahan bakar yang biasa digunakan untuk menggerakkan mesin paramotor, yang paling umum adalah bensin dengan Campuran Oli Synthetic, umumnya merk yang paling populer digunakan oleh komunitas Paramotor adalah Oli Motul 800.


Bensin mempunyai kandungan oktan yang tinggi sehingga cocok bagi mesin yang kompresinya tinggi. Biasanya, jenis bensin yang digunakan adalah pertamax dari Pertamina ataupun V-Power dari Shell.


Lalu jika mesin memiliki kompresi tinggi, pilot menggunakan pertamax turbo. Ini berbeda dengan paralayang, karena paramotor akan butuh lebih banyak biaya.


Paralayang hanya fokus pada alatnya yaitu parasut. Sedangkan untuk paramotor, parasut hanya menjadi salah satu komponen peralatannya saja. Masih ada mesin serta paratrikenya. Itulah kenapa harga paramotor tentunya lebih mahal.


Meski sekilas terlihat seperti paralayang dan paragliding, tapi Anda hanya akan menemukan mesin dan baling-baling pada paramotor. Bukan sembarang mesin, paramotor menggunakan mesin khusus serta baling-baling untuk penunjang.


Selain itu, ada juga parasut serta tempat duduk. Nah, bensin digunakan untuk menjalankan keduanya. Dengan mesin, pilot bisa memperoleh durasi terbang yang lama apabila dibandingkan dengan paralayang.


Anda juga bisa mengudara dengan lebih tinggi. Enaknya lagi, paramotor tidak butuh tempat dengan kemiringan tertentu untuk lepas landas, karena bisa dilakukan di mana saja. Jadi, tidak harus di bukit maupun gunung.


Manfaat Paramotor untuk Fisik dan Mental


bahan bakar paramotor

Bagi beberapa orang yang suka terbang, tentunya menggunakan paramotor adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan. Tidak hanya seru, ternyata ada juga beberapa manfaat terbang menggunakan paramotor bagi fisik serta mental.

Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:


1. Meningkatkan Kesehatan Jantung


Ternyata, terbang dengan paramotor bisa membantu meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular dan jantung. Hal ini dikarenakan terbang dengan paramotor melibatkan aktivitas fisik yang cukup intens.


Dengan begitu, risiko penyakit jantung bisa ditekan. Terbang menggunakan paramotor juga bisa membantu untuk meningkatkan kemampuan paru-paru dan meningkatkan kapasitas oksigen dalam tubuh.


2. Mengurangi Stress


Terbang adalah aktivitas menyenangkan yang juga bisa mengurangi stress. Hal ini karena terbang di udara dapat membantu Anda melepaskan beban berupa pikiran yang kalut. Ketegangan, rasa lelah, gelisah, dan emosi dalam aktivitas sehari-hari juga bisa terlepas dan hati menjadi lebih lega.


Paramotor akan memberikan pengalaman yang sangat menyenangkan serta bisa membantu menghilangkan stress dalam waktu yang cukup singkat.


3. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi


Manfaat terbang dengan paramotor juga bisa meningkatkan fokus serta konsentrasi. Hal ini dikarenakan saat terbang dengan paramotor, seorang pilot harus dapat mengendalikan pesawat dengan presisi dan fokus penuh.


Terbang menggunakan paramotor juga membutuhkan pemahaman yang baik mengenai kondisi cuaca serta lingkungan sekitar. Sehingga harus mampu memusatkan perhatian pada lingkungan sekitarnya untuk menghindari risiko kecelakaan. Ini bisa meningkatkan fokus serta konsentrasi.


4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri


Terbang menggunakan paramotor juga bisa membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri serta meminimalisir rasa ketakutan. Seorang pilot yang terbang dengan paramotor harus bisa menghadapi tantangan yang mungkin saja terjadi diluar dugaan, misalnya cuaca buruk atau masalah teknis yang terjadi.


Namun, dengan mempertahankan fokus dan konsentrasi yang baik, seorang pilot dapat mengatasi tantangan tersebut dan meningkatkan rasa percaya diri dalam menghadapi masalah lain di kehidupan sehari-hari.


5. Meningkatkan Keseimbangan


Manfaat selanjutnya adalah bisa meningkatkan keseimbangan serta koordinasi tubuh. Sebab, apabila terbang, tubuh harus seimbang ketika di udara seraya mengendalikan alat terbang dengan koordinasi yang sangat baik.


Aktivitas ini tentunya bisa membantu meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh sebaik dan semaksimal mungkin.


Toko Alat Paramotor Terbaik


Jadi, apakah Anda ingin membeli paramotor tapi ingin tahu dulu untuk harga 1 set paramotor? Tenang, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan tim dari FUNFLY.id agar bisa menyesukaian budget dari sekarang.


Perusahaan ini telah berdiri sejak 2020 dan telah berpengalaman dalam melayani dan menyediakan paramotor, paratrike, dan paralayang. Anda bisa bertanya banyak hal, mulai dari jenis-jenis paramotor, harga terbaik, merek yang cocok dengan keinginan, dan masih banyak lagi.


Perusahaan ini menyediakan berbagai jenis merek paramotor terbaik yang bisa Anda pilih. FUNFLY.id adalah perusahaan dengan visi untuk memberikan produk serta layanan dengan kualitas tinggi dan inovatif.


Tim perusahaan ini juga berkomitmen untuk mengedukasi masyarakat mengenai olahraga terbang yang bertanggung jawab serta aman.


Anda akan dilayani sebaik mungkin dengan ramah dan profesional. Anda juga bisa berkonsultasi mengenai bahan bakar paramotorterbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan mesin yang Anda butuhkan.

4 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page