top of page

5 Alat Paralayang Wajib Disiapkan Sebelum Terbang  

Bagi Anda yang ingin menjajal aktivitas terbang paralayang. Tentu saja, tidak akan bisa terbang jika tidak menggunakan alat paralayang. Peralatan untuk terbang paralayang ini sangat banyak, namun ada beberapa yang sangat penting.


Tanpa peralatan ini, Anda tidak hanya sekedar tidak bisa terbang. Namun, tidak bisa terbang dengan aman. Karena itu, bukan hanya sekedar menyiapkan salah satunya saja. Semua peralatan harus dilengkapi agar bisa menjamin keamanan Anda selama di udara.


5 Alat Paralayang


alat paralayang

Seperti yang disebutkan sebelumnya, adanya peralatan terbang paralayang adalah hal yang sangat penting dan vital. Sebelum terbang, Anda juga harus mencari tahu alat apa saja yang diperlukan untuk terbang paralayang.


Sekalipun, Anda menggunakan jasa penyedia peralatan paralayang dan pendamping selama terbang. Anda tetap harus tahu peralatan apa saja yang diperlukan. Dengan begitu, Anda bisa lebih memastikan selama melakukan olahraga terbang ini.


Berikut adalah berbagai peralatan paralayang yang penting dan dibutuhkan untuk terbang:


1. Parasut

Alat pertama yang paling penting, vital, dan wajib tentu saja adalah parasut. Parasut digunakan untuk menjaga Anda tetap di udara dan memberikan efek terbang. Tidak hanya sekedar ada parasut saja, Anda juga perlu memperhatikan jenis parasut yang digunakan.


Karena ada berbagai jenis parasut dalam dunia olahraga terbang. Mulai dari parasut yang memang didesain untuk para pemula, parasut atraksi yang digunakan oleh para profesional, sampai parasut khusus yang dibuat untuk kompetisi.


2. Helm

Alat paralayang selanjutnya adalah helm yang berfungsi sebagai pelindung kepala. Selama di udara, Anda tidak tahu kapan kecelakaan pada pendaratan atau penerbangan menimpa Anda. Menggunakan helm bisa melindungi Anda dan meminimalisir efek cedera.


Tidak hanya sekedar helm, pastikan helm yang Anda gunakan merupakan helm yang memang dibuat khusus untuk paralayang. Helm juga wajib memenuhi standar dalam olahraga terbang. Lebih baik lagi, jika helm sudah dilengkapi dengan kacamata dan radio untuk perlindungan ekstra.


3. Sepatu yang Tertutup

Sebenarnya tidak ada sepatu khusus yang perlu disiapkan untuk olahraga terbang paralayang. Hal yang paling penting, sepatu harus menutupi seluruh bagian kaki. Gunakan juga sepatu dengan sol yang tebal untuk perlindungan lebih maksimal.


Tidak hanya perlindungan yang maksimal saja, namun untuk memberikan jejakan yang lebih mantap. Baik pada saat Anda mencoba terbang maupun dalam proses pendaratan.


4. Sarung Tangan

Alat paralayang satu ini mungkin terkesan remeh, namun ternyata sangat diperlukan selama penerbangan maupun pendaratan. Alat yang dimaksud adalah sarung tangan tebal, sama seperti sepatu. Tidak ada jenis sarung tangan khusus yang dianjurkan untuk terbang paralayang.


Namun, sarung tangan yang digunakan wajib memiliki bahan yang tebal dan tidak mudah robek. Karena tidak hanya kaki Anda, Anda juga perlu melindungi bagian tangan. Apalagi, Anda akan menggunakan tangan untuk mengendalikan parasut dengan tali yang dikaitkan.


5. Seat Harness

Sesuai dengan namanya, seat harness adalah peralatan yang digunakan untuk duduk dan menjadi penyangga ketika terbang. Bisa dibilang, seat harness merupakan tumpuan pertama para penerbang. Karena itu, sangat penting untuk memastikan peralatan ini ada.


Tidak hanya itu, seat harness harus terpasang dengan benar dan kuat. Pastikan tali parasut sudah terkait dengan erat pada harness tempat duduk. Seat harness sendiri harus terbuat dari bahan kuat dan sesuai dengan bobot tubuh orang yang akan menggunakannya.


Karena itu, pastikan dulu tipe seat harness sebelum menggunakannya. Pastikan sesuai dengan berat badan Anda yang akan menggunakannya.


6. Parasut Cadangan

Alat paralayang selanjutnya yang harus disiapkan adalah parasut cadangan. Satu parasut saja tidak cukup untuk olahraga terbang ini. Setiap penerbangan paralayang, wajib memiliki parasut cadangan dengan akses yang mudah.


Tujuannya tentu saja sebagai cadangan bagi Anda selama terbang di udara. Karena ada kemungkinan kegagalan parasut utama ketika dibuka. Jika hal ini terjadi, Anda bisa membuka parasut cadangan untuk menyelamatkan Anda.


Parasut cadangan biasanya dilengkapi dengan GPS, radio HT, dan Windmeter. Hal ini untuk menjaga keselamatan Anda dan meminimalisir resiko kecelakaan selama penerbangan.


Terbang Paralayang Aman Bersama Funfly


Jika Anda adalah orang yang awam dengan olahraga paralayang namun tetap ingin mencoba olahraga ekstrim satu ini. Anda harus memastikan pengalaman Anda ini berjalan dengan aman dan didampingi oleh para profesional.


Karena itu, terbang paralayang bersama Funfly bisa menjadi pilihan yang bagus bagi Anda. Funfly menyediakan layanan pendampingan terbang paralayang. Bahkan, sampai menyediakan peralatan paralayang juga bagi setiap penerbang pemula.


Setiap alat paralayang yang disiapkan oleh Funfly, dijamin merupakan peralatan yang berstandar internasional. Funfly menjamin setiap peralatan dan pengalaman terbang Anda agar tetap aman. Tertarik untuk mencoba olahraga ini bisa dengan akses  www.funfly.com untuk pemesanan.

Comments


bottom of page