top of page

7 Wisata Puncak Bogor Dekat Stasiun, Akses Mudah!

Wisata Puncak Bogor dekat stasiun bisa menjadi pilihan anda yang malas berjalan jauh. Bogor sendiri merupakan destinasi wisata terbaik yang dekat dengan Jakarta, namun menawarkan pemandangan alam yang indah. Apalagi, jika anda sampai di Puncak yang menjadi bagian dari kota Bogor.


Sayangnya, wisata yang dekat dengan stasiun Bogor masih jauh dari kawasan Puncak. Meskipun begitu, anda tetap bisa merasakan suasana asri yang tenang ala pegunungan. Apa saja wisatanya? Cari tahu selengkapnya di artikel ini.


Rekomendasi Wisata Puncak Bogor Dekat Stasiun


Kereta menjadi salah satu moda transportasi yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia, terutama sejak pemerintah meningkatkan fasilitas dan lokasi aksesnya. Dari Jakarta, Anda bisa naik kereta menuju Bogor bila tidak ingin membawa kendaraan pribadi. Jika demikian, tentunya Anda harus mencari tempat wisata yang dekat dengan stasiun agar mudah. Berikut referensinya.


1. Kebun Raya Bogor


Anda pasti sudah tidak asing dengan Kebun Raya Bogor. Destinasi wisata ini sangat dekat dengan stasiun dan menawarkan daya tarik berupa pepohonan rindang. Kebun Raya Bogor sangat cocok untuk aktivitas piknik bersama teman maupun keluarga.


Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan, seperti melakukan penelitian, konservasi, hingga menjelajah alam sekitar. Anda bisa memanjakan mata sekaligus merasakan wisata edukasi yang terjangkau.


Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor mulai dari Rp16.500 per orang untuk hari Senin - Jumat. Sedangkan, di hari Sabtu & Minggu, harga tiket masuknya adalah Rp26.500 per orang. Selain itu, Anda juga harus membayar retribusi parkir sebesar Rp5.000 untuk motor dan Rp50.000 untuk mobil.


2. Museum Zoologi


Apakah Anda adalah seorang pecinta hewan? Jika iya, maka anda bisa masuk ke kawasan Museum Zoologi. Letaknya hanya 2 km dari stasiun Bogor atau menghabiskan waktu tempuh sekitar 10 menit. Sesuai namanya, Anda bisa melihat berbagai kerangka binatang.


Koleksinya cukup lengkap, bahkan memiliki binatang yang diawetkan seperti kepiting, ikan, burung, serangga, dan masih banyak lagi. Daya tarik utama dari wisata Puncak Bogor dekat stasiun ini adalah kerangka Paus Biru besar.


Harga tiket masuknya juga tergolong murah, yakni hanya Rp15.000 per orang untuk Senin - Jumat dan Rp25.000 per orang untuk Sabtu & Minggu. Sebagai informasi, anak-anak yang tingginya kurang dari 90 cm bisa masuk secara gratis.


3. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia


Tempat lainnya adalah Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia. Ini merupakan museum terbesar yang ada di Bogor dan lokasinya hanya 650 meter dari stasiun. Anda bisa berjalan kaki ke museum ini.


Daya tarik utama dari Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia adalah berbagai artefak etnobotani sesuai manfaat dan jenis tumbuhannya. Bukan hanya mendapatkan wisata edukasi, jika beruntung Anda juga bisa mengikuti workshop.


 Wisata Puncak Bogor dekat stasiun
Foto dari Google Maps Air Terjun Curug Nangka (@Fahroji1989)

4. Curug Nangka


Ingin mencoba wisata alam yang menyejukkan tanda tanya maka, cocok sekali Anda berkunjung ke Curug Nangka. Terkenal akan pemandangan indah dan suasana asri, tak heran jika Curug Nangka selalu ramai pengunjung. Tinggi curug ini sekitar 20 meter dan memiliki kolam air yang tingginya 40 cm.


Anda harus berhati-hati ketika berenang, karena arus airnya cukup kencang. Anda tidak perlu khawatir soal kebersihan, karena airnya jernih dan masih alami. Berada di atas ketinggian 750 mdpl, Curug Nangka memiliki udara yang sejuk. 


Harga tiket masuknya sangat terjangkau, yakni Rp22.000 per orang. Sedangkan, jam operasionalnya adalah setiap hari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Informasi ini dapat berubah sewaktu-waktu.


5. The Jungle Waterpark Adventure


Wisata Puncak Bogor dekat stasiun yang kelima adalah The Jungle Waterpark Adventure. Dibangun di atas area yang luas membuat wisata air ini cukup populer. The Jungle Waterpark Adventure mempunyai kolam renang dengan variasi kedalaman dan ukuran.


Fasilitasnya juga sangat lengkap, mulai dari area bermain anak, tempat parkir, toilet, tempat duduk, taman air balita, hingga area pesisir buatan. Selain itu, wisata air ini juga menawarkan permainan arung jeram, flying fox, dan tali gantung. The Jungle Waterpark Adventure buka setiap hari pukul 09.00 sampai 17.00 WIB.


6. De Voyage


Selanjutnya, Anda bisa mengunjungi De Voyage. Wisata ini cocok bagi para pecinta fotografi yang eksis di media sosial. De Voyage memiliki daya tarik berupa miniatur unik dan wahana permainan seru.


Terdapat miniatur Menara Pisa, Kincir Angin Belanda, Menara Eiffel, dan masih banyak lagi. Bahkan, Anda bisa berfoto di atas perahu yang melaju di sungai kecil. 


7. Kampung Labirin


Terakhir, jangan lupa untuk berkunjung ke Kampung Labirin. Dari Stasiun Bogor, lokasinya hanya berjarak 2.9 km. Sesuai namanya, Kampung Labirin menawarkan pengalaman menjelajah area perkampungan yang seperti labirin.


Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan festival budaya di sini. Anda juga bisa mengambil banyak foto dan mencicipi kuliner masyarakat lokal ketika berkunjung.


Wisata Puncak Bogor dekat stasiun memang cukup beragam, walaupun tidak sampai ke pegunungan. Untuk merasakan pengalaman liburan yang lebih alami, Anda bisa naik transportasi lain menuju Puncak dan mencoba olahraga paralayang. Olah raga adrenalin ini akan membuat liburan Anda terasa semakin sempurna. Simak informasi lainnya di website kami.

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page