top of page

Teknik Dasar Latihan Paralayang dan Syarat Melakukan Paralayang

Anda tahu olahraga paralayang? Sekarang, paralayang kerap ditawarkan sebagai wisata olahraga ekstrim di Indonesia. Tapi ternyata untuk bisa terbang sendiri, Anda harus melakukan latihan paralayang terlebih dahulu.


Bukan tanpa alasan, paralayang merupakan olahraga ekstrem yang tidak bisa dilakukan sembarangan. Jadi tanpa pelatihan, dikhawatirkan akan terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan yang mungkin saja membahayakan.


Apa Itu Paralayang?


Anda pasti sering menemukan jasa yang menawarkan wisata olahraga paralayang di daerah perbukitan. Bermain paralayang artinya meluncur dari ketinggian kemudian melayang di atas udara. Adapun yang membantu Anda tetap melayang saat melakukan paralayang yaitu parasut.


Karena mengharuskan Anda untuk berada di udara, makan cabang olahraga satu ini termasuk ke dalam olahraga ekstrem. Makanya, Anda yang berminat untuk mencoba harus mengumpulkan banyak nyali terlebih dahulu.


Meski sangat menguras adrenalin, olahraga yang memiliki nama lain paragliding memiliki banyak peminat terutama di kalangan pemuda. Tidak heran, wisata olahraga ini biasanya menawarkan pemandangan menawan dari udara yang akan membuat siapa saja terpesona.


Teknik Dasar Latihan Paralayang


latihan paralayang

Saat berada di lokasi wisata paralayang, memang akan ada ahli yang menemani Anda meluncur sehingga Anda tidak perlu memikirkan pelatihan khusus apapun. Tapi jika Anda ingin melakukan paralayang sendiri, maka tidak bisa sembarangan.


Tidak seperti olahraga lainnya, Anda yang tertarik dengan dunia paralayang dan ingin menjadi profesional harus mengantongi sertifikasi terlebih dahulu. Jadi, Anda harus melakukan pelatihan dan pendidikan terlebih dahulu untuk bisa terbang menggunakan paralayang.


Tentu saja, paralayang bukan hanya sekadar melompat lalu melayang saja. Untuk dapat melakukan olahraga ini, minimal Anda harus menguasai tiga teknik dasar agar dapat melayang dengan aman. Tiga teknik dasar olahraga paralayang tersebut yaitu sebagai berikut:


1. Teknik Lepas Landas


Tentu saja teknik pertama yang harus Anda kuasai agar mampu melakukan paralayang yaitu bagaimana caranya lepas landas. Dalam teknik ini, kaki menjadi bagian tubuh yang akan memiliki peran sangat besar sehingga Anda harus dapat melakukannya dengan benar.


Saat Anda mengawali bermain paralayang dan hendak terbang, maka kaki Anda akan berguna sebagai penopang. Karena itu, Anda harus memiliki kaki yang kuat dan pastikan langkah Anda saat lepas landas sudah sesuai aturan.


2. Teknik Mengetahui Arah Angin


Bisa melayang di udara saat bermain paralayang tentu bukan disebabkan oleh parasut saja, tapi juga tiupan angin. Angin akan membantu parasut Anda bergerak di udara sehingga unsur satu ini sangat penting dalam dunia paralayang.


Oleh sebab itu, Anda yang hendak meluncur harus mengetahui dan paham betul tentang arah serta tekanan angin. Karena dengan mengetahui hal tersebut, Anda akan dapat melayang dengan lebih aman dan menghindar dari bahaya jika angin tidak stabil.


3. Teknik Pendaratan


Jika Anda sudah mengetahui bagaimana cara lepas landas dalam paralayang, maka Anda juga harus mengetahui cara mendarat yang benar. Teknik latihan paralayang yang satu ini juga akan sangat menggantungkan keberhasilannya pada kaki Anda.


Nantinya, kaki akan berperan sebagai rem dan menahan tubuh Anda di daratan. Selain itu, Anda juga harus mampu menentukan titik pendaratan dengan tepat dan telah ditentukan sebelumnya. Dengan begitu, Anda bisa mendarat dengan jauh lebih aman.


Siapa yang Boleh Bermain Paralayang?


Dengan teknik-teknik khusus yang telah Anda ketahui sebelumnya, tidak semua orang boleh bermain paralayang tanpa bimbingan kecuali telah melalui tahap pelatihan. Adapun untuk dapat memperoleh lisensi penerbang paralayang solo harus minimal sudah memasuki usia 14 tahun.


Namun jika akan didampingi profesional, maka tidak ada batasan usia sama sekali asalkan memiliki keberanian.


Bukan batasan usia saja, paralayang juga ternyata tidak akan menimbulkan risiko kepada seorang penderita jantung. Dengan catatan, orang tersebut mau dan berani untuk melakukan kegiatan paralayang.


Karena jika bukan solo paralayang dan didampingi oleh profesional, Anda tidak perlu mengkhawatirkan apapun. Anda cukup bersantai sambil menikmati indahnya pemandangan dari ketinggian.


Terlebih, olahraga paralayang akan memberikan beberapa manfaat bagi tubuh Anda seperti melatih keseimbangan, mengeluarkan hormon adrenalin, hingga meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, paralayang juga bisa melatih kekuatan tubuh bagian atas yang sangat bermanfaat.


Segera Wujudkan Keinginan Anda Bermain Paralayang


Bagi Anda yang tertarik dengan olahraga ekstrem ini, segera wujudkan keinginan Anda dengan mengunjungi wisata paralayang. Atau jika ingin mendalami, Anda bisa mengikuti kursus secara langsung ke profesional.


Untuk menunjang kegiatan tersebut, Anda bisa mulai mengumpulkan apa saja peralatan paralayang yang perlu Anda miliki. Tujuannya yaitu agar kegiatan latihan Anda bisa lebih cepat dan nyaman dengan menggunakan alat sendiri.


Tidak perlu pusing dan bingung memikirkan beli paralayang di mana, karena Anda bisa langsung kunjungi beranda web kami yaitu https://www.funfly.id/. Kami adalah tempat jual beli peralatan paralayang terpercaya yang menyediakan alat paralayang lengkap dari berbagai merek berkualitas.


Jadi, segera hubungi kami dari Funfly untuk mendapatkan alat-alat paralayang. Kami pastinya akan selalu mendukung proses latihan paralayang Anda sehingga mimpi terbang di udara bisa segera Anda wujudkan.

조회수 9회댓글 0개

Comments


bottom of page