top of page

Latihan Paramotor: Olahraga Ekstrem Menantang Adrenalin

Anda penyuka olahraga ekstrim pasti sudah tidak asing dengan yang namanya paralayang. Tapi ternyata, beberapa tahun ke belakang juga nge-tren olahraga paramotor yang tidak jauh berbeda dengan paralayang. Makanya, lokasi latihan paramotor saat ini bisa Anda jumpai di mana saja.


Sama seperti paralayang, paramotor juga merupakan olahraga ekstrem yang banyak dijadikan wisata. Jadi, beberapa lokasi wisata saat ini menyediakan area olahraga paramotor untuk para pengunjungnya.


Apa Itu Paramotor?


Anda dan sebagian besar masyarakat lainnya pasti sudah sering mendengar istilah paralayang dalam dunia olahraga dan hiburan. Tapi, bagaimana dengan paramotor? Apakah Anda tidak asing juga dengan istilah olahraga yang satu ini?


Paramotor dan paralayang disandingkan sebab keduanya hampir serupa. Karena tidak jauh dengan olahraga paralayang, paramotor juga merupakan salah satu olahraga yang mengandalkan udara dan tentunya menantang.


Jika paralayang harus dilakukan di bukit yang memiliki spesifikasi khusus, paramotor sendiri lebih mudah karena bisa Anda lakukan di mana saja. Artinya, Anda tidak perlu ke daerah bukit untuk dapat terbang menggunakan paramotor.


Paramotor bisa Anda terbangkan di lapangan atau dataran yang luas dengan angin kencang. Jadi, jangan heran jika Anda menemukan wisata paramotor bukan di daerah perbukitan tinggi seperti wisata paralayang.


Sebenarnya, paramotor sendiri merupakan sebuah olahraga yang dimodifikasi dari paralayang. Makanya, cara bermainnya juga tidak jauh berbeda. Perbedaan keduanya yang paling mencolok yaitu adanya mesin baling-baling pada paramotor.


Mesin baling-baling yang ada pada paramotor ini nantinya akan membantu Anda mendorong hingga kemudian bisa lepas landas dan terbang. Istilah yang bisa Anda gunakan untuk teknik tersebut yaitu powered paragliding.


Apa Saja Perlengkapan Paramotor?


latihan paramotor

Meski terdengar mudah karena tidak perlu mendaki bukit untuk mencoba terbang menggunakan paramotor, tapi tentu bermain paramotor tidak semudah yang Anda bayangkan. Karena itu, Anda latihan paramotor secara khusus sebelum mencobanya.


Tapi sebelum mulai berlatih, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang perlu Anda persiapkan. Mulai dari persiapan diri hingga ke peralatan yang akan Anda butuhkan.


Karena seperti olahraga ekstrim lainnya, paramotor juga memiliki perlengkapan dan peralatan tertentu yang harus Anda ketahui sebelum mencoba. Pasalnya, peralatan tersebut akan sangat berpengaruh bagi keselamatan Anda saat bermain paramotor nantinya.


Peralatan utama yang wajib ada dalam olahraga ini yaitu tentu saja mesin paramotor. Tanpa mesin ini, Anda tidak akan dapat terbang meskipun berada di tanah lapang dan berangin. Biasanya, alat ini sudah disediakan oleh pengelola dan pemandi wisata paramotor.


Selanjutnya, Anda juga harus memakai peralatan pendukung sebelum mulai bermain. Misalnya, Anda akan membutuhkan parasut. Parasut ini yang nantinya akan membantu Anda untuk melayang di atas udara.


Selain parasut, Anda juga harus mengenakan helm dan sepatu untuk tetap menjaga keamanan selama bermain paramotor. Tidak heran, olahraga yang satu ini memiliki risiko yang cukup besar sehingga disebut sebagai olahraga ekstrem.


Latihan Paramotor untuk Pemula


Selain harus mempersiapkan seluruh alat dan perlengkapan, Anda yang ingin mencoba bermain paramotor juga harus memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait dengan olahraga tersebut. Jadi, bermain paramotor tidak hanya modal berani saja.


Pasalnya, untuk menerbangkan paramotor, Anda akan membutuhkan teknik-teknik tertentu. Makanya sebelum mencoba, ada baiknya Anda berlatih terlebih dahulu dan coba kuasai teknik-teknik dasar olahraga paramotor.


Teknik yang Anda butuhkan ternyata bukan hanya teknik menerbangkan paramotornya saja, tapi juga teknik saat Anda melayang di udara dan sekaligus cara mengendalikan paramotor. Selain itu, Anda juga harus mengetahui teknik landing atau menurunkan paramotor untuk kembali ke daratan.


Ada juga teknik lain yang tidak kalah penting dan harus Anda ketahui yaitu teknik bagaimana cara mendarat darurat jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Dengan begitu, Anda bisa bermain paramotor dengan jauh lebih aman dan meminimalkan terjadinya kecelakaan.


Karena alasan tersebut, biasanya setiap orang termasuk juga Anda akan diminta untuk melakukan pelatihan olahraga paramotor minimal sebanyak 10 kali sebelum terbang sendiri. Tujuannya yaitu agar saat berada di udara, Anda akan merasa lebih tenang.


Dapatkan Perlengkapan Paramotor di Funfly


Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, bermain paramotor akan membutuhkan perlengkapan khusus. Jadi jika Anda ingin menekuni dunia olahraga satu ini, maka yang pertama harus Anda lakukan yaitu mengumpulkan peralatannya terlebih dahulu.


Tidak perlu bingung apalagi khawatir, Anda bisa dengan mudah menemukan seluruh perlengkapan paramotor di https://www.funfly.id/. Karena kami memiliki koleksi alat-alat paramotor dari berbagai merek terbaik dan sangat lengkap.


Harga paramotor dan perlengkapan lainnya di tempat kami juga bervariasi tergantung merek dan kualitas dari paramotor itu sendiri. Karena itu, Anda bisa bebas memilih barang mana yang Anda mau sesuai kebutuhan serta bujet.


Dengan memiliki alat paramotor sendiri, Anda akan lebih mudah dan bebas saat latihan paramotor. Selain itu, Anda juga akan merasa lebih nyaman saat menggunakan alat sendiri karena ukuran dan materialnya sangat cocok dengan yang Anda inginkan.

조회수 2회댓글 0개

Comentários


bottom of page